Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik di Kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP.

Yuliandari, Dila (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik di Kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_DILA_YULIANDARI_14029004_5567_2019.pdf

Download (601kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep merupakan salah satu kemampuan yang harus dikuasai peserta didik. Kenyataannya, kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik di kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP masih rendah. Berdasarkan hasil observasi dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran masih terpusat pada guru, sehingga peserta didik cenderung pasif dalam pembelajaran. Solusi dari permasalahan tersebut adalah model pembelajaran generatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran generatif lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Jenis penelitian adalah kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian Static Group Design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP tahun pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian adalah kelas VII.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.2 sebagai kelas kontrol. Instrumen pada penelitian ini yaitu tes kemampuan pemahaman konsep matematika. Tes akhir dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematika diperoleh P-value = 0,002, kurang dari a= 0,05 artinya kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran generatif lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional pada kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 22 Jan 2020 07:57
Last Modified: 22 Jan 2020 07:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24771

Actions (login required)

View Item View Item