Pengaruh Latihan Plyometrics dengan Menggunakan Metoda Circuit Training Terhadap Peningkatan Daya Ledak Otot Tungkai Bawah Siswa Ekstrakurikuler Bolabasket SMA N 1 Baso

Agusta, Ibnu (2019) Pengaruh Latihan Plyometrics dengan Menggunakan Metoda Circuit Training Terhadap Peningkatan Daya Ledak Otot Tungkai Bawah Siswa Ekstrakurikuler Bolabasket SMA N 1 Baso. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_IBNU_AGUSTA_1303246_1333_2019.pdf

Download (365kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan daya ledak otot tungkai bawah Siswa Ekstrakurikuler Bolabasket SMA N 1 Baso. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh latihan plyometrics dengan menggunakan metoda latihan circuit training terhadap peningkatan daya ledak otot tungkai bawah Siswa Ekstrakurikuler Bolabasket SMA N 1 Baso. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, yang dilakukan terhadap Siswa yang mengikuti kegiatan Ekstrakurikuler Bolabasket SMA N 1 Baso. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 22 orang (15 putra dan 7 putri) yang mengikuti kegiatan Ekstrakurikuler Bolabasket. Sampel penelitian Ekstrakurikuler Bolabasket SMA N 1 Baso sebanyak 15 orang, dengan teknik purposive sampling. Instrumen tes yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes vertical jump, sedangkan teknik analisis data statistik menggunakan uji normalitas liliefors data dan uji-t dengan taraf signifikan ɑ=0,05. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan analisis uji-t, diperoleh thitung sebesar 3,79 dan ttabel 1,75 (thitung 3,79 > ttabel 1,75). Artinya terdapat pengaruh yang signifikan dengan latihan plyometrics dengan menggunakan metode circuit training terhadap peningkatan daya ledak otot tungkai bawah Siswa Ekstrakurikuler Bolabasket SMA N 1 Baso.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Jan 2020 07:56
Last Modified: 22 Jan 2020 07:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24765

Actions (login required)

View Item View Item