Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Square terhadap Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Bonjol Kabupaten Pasaman.

Hayatullah, Harry Magda (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Square terhadap Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Bonjol Kabupaten Pasaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_HARRY_MAGDA_HAYATULLAH_15029035_5556_2019.pdf

Download (593kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan hasil yang dicapai oleh siswa setelah melakukan kegiatan belajar dan diperlukan pembelajaran yang tepat dalam meningkatkan hasil belajar. Namun kenyataannya proses pembelajaran yang dilaksanakan di SMAN 1 Bonjol Kabupaten Pasaman masih belum optimal dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Pembelajaran matematika di SMAN 1 Bonjol Kabupaten Pasaman masih terpusat pada guru. Selain itu, aktivitas belajar siswa masih belum terlihat dalam pembelajaran. Salah satu solusi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square (TPSq). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas belajar siswa selama diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPSq, dan mendeskripsikan apakah hasil belajar matematika siswa pada kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas control di SMAN 1 Bonjol Kabupaten Pasaman. J enis penelitian adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan static group design. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi. Pembuktian hipotesis penelitian dengan uji Mann Whitney. Dari analisis data disimpulkan bahwa aktivitas peserta didik yang belajar dengan model TPSq mengalami fluktuasi pada setiap pertemuannya, dan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMAN 1 Bonjol yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square berbeda dari hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional untuk taraf a= 0,05. Kata kunci : Pembelajaran Kooperatif, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar Siswa, Think Pair Square

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 22 Jan 2020 07:56
Last Modified: 22 Jan 2020 07:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24763

Actions (login required)

View Item View Item