Dasti, Dira Yulia (2018) Pengembangan E-Modul Laju Reaksi Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_07_DIRA_YULIA_DASTI_14035004_4031_2018.pdf Download (7kB) | Preview |
Abstract
Kurikulum 2013 menuntut proses pembelajaran menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk meningkatkan kreatifitas dan motivasi siswa, seperti menggunakan e-modul. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul laju reaksi berbasis pendekatan saintifik untuk kelas XI SMA/MA serta menentukan kategori kevalidan dan kepraktisan darie-modul tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu (1) define (pendefinisian), (2) design (perancangan), (3) develop (pengembangan) dan (4) disseminate (penyebaran). Penelitian ini dibatasi sampai tahap develop. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket validitas dan angket praktikalitas yang dianalisis menggunakan rumus Momen Kappa. E-modul ini divalidasi oleh 5 orang validator dilanjutkan dengan uji praktikalitas e-modul oleh 2 orang guru kimia dan 25 orang siswa kelas XII MIPA 4 SMAN 1 Enam Lingkung. Berdasarkan analisis data validitas diperoleh nilai Momen Kappa sebesar 0,82 dengan kategori sangat tinggi sedangkan data praktikalitas mempunyai nilai Momen Kappa sebesar 0,81 oleh guru kimia dan 0,82 oleh siswa dengan kategori sangat tinggi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1 |
Depositing User: | Arlianis |
Date Deposited: | 22 Jan 2020 07:55 |
Last Modified: | 22 Jan 2020 07:55 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24752 |
Actions (login required)
View Item |