Efektivitas Penggunaan Modul Sistem Koloid Berbasis Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Siswa kelas XI MIPA

Wahyuni, Dilla (2018) Efektivitas Penggunaan Modul Sistem Koloid Berbasis Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Siswa kelas XI MIPA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_DILLAH_WAHYUNI_14035003_3557_2018.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan dari penelitian R&D dengan model pengembangan 4-D. Pada penelitian sebelumnya telah disusun modul sistem koloid berbasis Problem Based Learning (PBL) yang valid dan praktis, namun belum diuji efektivitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan efektivitas penggunaan modul sistem koloid terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi exsperiment) dengan desain Non-equivalent Control Grup Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMAN 2 Padang Panjang. Sampel penelitian diambil melalui teknik sampling purposive dan terpilih kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar berupa soal pilihan ganda. Teknik analisis data hasil belajar dengan menggunakan SPSS 16 software. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa N-gain kelas eksperimen (0.75) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (0.65). Teknik analisis data menunjukkan bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol terdistribusi normal dan memiliki varian yang homogen, sehingga dilakukan uji-t. Dari hasil analisis uji-t diperoleh (sig) 0.003 < 0.05 yang menandakan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan dari pada hasil belajar siswa pada kelas kontrol. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan modul sistem koloid berbasis Problem Based Learning (PBL) efektif terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 22 Jan 2020 07:55
Last Modified: 22 Jan 2020 07:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24751

Actions (login required)

View Item View Item