Pengembangan Modul Zat dan Karakteristiknya Berbasis Guided Discovery Learning Untuk Siswa Kelas VII SMP

Adriani, Dika (2018) Pengembangan Modul Zat dan Karakteristiknya Berbasis Guided Discovery Learning Untuk Siswa Kelas VII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_DIKA_ANDRIANI_14035068_3505_2018.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

Guru masih terkendala dalam melaksanakan proses pembelajaran dengan menarapakan model yang direkomendasikan oleh kurikulum 2013. Salah satunya dikarenakan belum bervariasinya bahan ajar yang tersedia di SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul zat dan karakteristiknya berbasis guided discovery learning serta mengungkapkan tingkat validitas dan praktikalitas dari modul tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop dan Desseminate). Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket validitas dan praktikalitas. Modul divalidasi oleh 5 validator yang terdiri dari 3 dosen kimia FMIPA UNP dan 2 guru IPA di SMP Negeri 15 Padang. Uji praktikalitas dilakukan terhadap 2 guru IPA dan 31 siswa SMP Negeri 15 Padang pada tahun ajaran 2017/2018. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan formula Kappa Cohen. Dari hasil analisis angket validitas, praktikalitas oleh guru dan siswa diperoleh skor rata￾rata momen kappa (k) berturut-turut sebesar 0,89, 0,91 dan 0,87 dengan kategori sangat tinggi dan dapat digunakan dalam pembelajaran IPA di SMP setelah uji efektivitasnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 22 Jan 2020 02:10
Last Modified: 22 Jan 2020 02:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24745

Actions (login required)

View Item View Item