Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Konsep Mol Berbasis Inkuiri Terstruktur dengan Penekanan pada Tiga Level Representasi Kimia untuk Kelas X SMA

Safitri, Diana (2018) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Konsep Mol Berbasis Inkuiri Terstruktur dengan Penekanan pada Tiga Level Representasi Kimia untuk Kelas X SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_DIANA_SAFITRI_14035022_3555_2018.pdf

Download (72kB) | Preview

Abstract

LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) konsep mol berbasis inkuiri terstruktur dengan penekanan pada tiga level representasi kimia merupakan alternatif yang menarik untuk memahami konsep kimia secara utuh. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD konsep mol berbasis inkuiri terstruktur dengan penekanan pada tiga level representasi kimia dan mengungkapkan validitas dan praktikalitas yang dihasilkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan model 4-D. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validitas dan praktikalitas. Data angket validitas dan praktikalitas diolah menggunakan rumus momen kappa (k). Validitas LKPD konsep mol dari 5 validator diperoleh rata-rata momen kappa adalah 0,86 dengan kategori sangat tinggi, sedangkan praktikalitas oleh guru dan peserta didik diperoleh rata-rata momen kappa adalah 1,00 dan 0,82 dengan kategori kepraktisan sangat tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa LKPD konsep mol valid dan praktis digunakan dalam kegiatan pembelajaran kimia kelas X SMA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 22 Jan 2020 02:10
Last Modified: 22 Jan 2020 02:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24744

Actions (login required)

View Item View Item