Pengaruh Penggunaan Kartu Permainan Kimia sebagai Media Pembelajaran pada Materi Tata Nama Senyawa Kimia terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas X SMAN 3 Bukittinggi

Chairunnisa, Chairunnisa (2018) Pengaruh Penggunaan Kartu Permainan Kimia sebagai Media Pembelajaran pada Materi Tata Nama Senyawa Kimia terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas X SMAN 3 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_CHAIRUNNISA_14035021_3558_2018.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Materi tata nama senyawa kimia yang dipelajari pada kelas X SMA/MA banyak berisi pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural. Pada materi ini siswa sebaiknya lebih banyak mengulang materi untuk memantapkan konsep dengan memperbanyak mengerjakan soal latihan. Salah satu media alternatif yang dapat digunakan untuk memantapkan pemahaman siswa terhadap materi ini adalah dengan menggunakan kartu permainan kimia sebagai media pembelajaran. Penggunaan kartu permainan kimia sebagai media pembelajaran ini dapat melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh penggunaan kartu permainan kimia sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada materi tata nama senyawa kimia di kelas X SMAN 3 Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA semester genap tahun ajaran 2017/2018 di SMAN 3 Bukittinggi. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, sehingga diperoleh kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Dari penelitian ini diperoleh hasil tes akhir dengan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 89,03 dan kelas kontrol adalah 85,94. Analisis data dilakukan dengan uji-t pada taraf nyata 0,1. Hasil analisis diperoleh thitung= 1,80 dan ttabel= 1,30. Karena thitung > ttabel, berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan kartu permainan kimia sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada materi tata nama senyawa kimia di kelas X SMAN 3 Bukittinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 22 Jan 2020 02:09
Last Modified: 22 Jan 2020 02:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24741

Actions (login required)

View Item View Item