Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk Aktivitas Kelas dan Laboratorium Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Sistem Koloid

Juwita, Azmaiyesa (2018) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk Aktivitas Kelas dan Laboratorium Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Sistem Koloid. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_AZMAIYESA_JUWITA_1305808_3208_2018.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar dalam bentuk LKPD berbasis inkuiri terbimbing dan menguji tingkat validitas dan praktikalitas dari bahan ajar yang dihasilkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan pendidikan atau Educational Design Research (EDR). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Plomp. Model Plomp ini terdiri dari 3 tahap utama, yaitu: (1) preliminary research (tahap investigasi awal), (2) development or prototyping stage (tahap pengembangan atau pembentukan prototipe), dan (3) assessment phase (tahap penilaian). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, bahan ajar yang dihasilkan memiliki nilai rata-rata validitas sebesar 0,82 dengan kategori kevalidan sangat tinggi. Sedangkan tingkat kepraktisan dari LKPD memiliki nilai momen kappa 0,84 dengan kategori kepraktisan yang sangat tinggi berdasarkan angket respon peserta didik pada uji coba kelompok kecil (small group). Sedangkan untuk angket respon peserta didik pada uji lapangan (field test) memiliki kategori kepraktisan yang tinggi dengan nilai momen kappa sebesar 0,72. Berdasarkan data tersebut terlihat bahwa bahan ajar dalam bentuk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk aktivitas kelas dan laboratorium berbasis inkuiri terbimbing pada materi sistem koloid yang dihasilkan mempunyai kategori kevalidan sangat tinggi dan kepraktisan yang tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 22 Jan 2020 02:09
Last Modified: 22 Jan 2020 02:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24739

Actions (login required)

View Item View Item