Pengembangan E-Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Kelas XI SMA/ MA

Asmiyunda, Asmiyunda (2018) Pengembangan E-Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Kelas XI SMA/ MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_ASMIYUNDA_14035002_3506_2018.pdf

Download (183kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 merekomendasikan proses pembelajaran sesuai pendekatan saintifik dan mengharapkan peserta didik untuk terampil menggunakan TIK. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan e-modul kesetimbangan kimia berbasis pendekatan saintifik untuk kelas XI SMA/ MA dan menentukan tingkat validitas dan praktikalitas e-modul yang dikembangkan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D. E-modul yang dihasikan dilakukan uji validitas dan uji praktikalitas. Uji validitas dilakukan oleh 3 orang dosen kimia FMIPA UNP, 1 orang dosen multimedia FT UNP, 2 orang guru kimia SMAN 1 Pariaman, dan 1 orang guru kimia SMAN 7 Padang. Sedangkan uji praktikalitas dilakukan oleh 2 orang guru kimia SMAN 1 Pariaman, 1 orang guru kimia SMAN 7 Padang dan 30 orang peserta didik kelas XII MIPA 7 SMAN 1 Pariaman tahun ajaran 2018/ 2019. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validitas dan angket praktikalitas yang hasilnya akan dianalisis menggunakan formula Kappa Cohen. Penelitian ini menghasilkan e-modul kesetimbangan kimia berbasis pendekatan saintifik dengan rata-rata momen kappa 0,81 dengan tingkat kevalidan yang sangat tinggi. Hasil uji praktikalitas guru dan uji praktikalitas peserta didik diperoleh rata-rata momen kappa secara berurutan adalah 0,85 dan 0,84 dengan tingkat kepraktisan yang sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 22 Jan 2020 02:09
Last Modified: 22 Jan 2020 02:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24734

Actions (login required)

View Item View Item