Efektivitas Penggunaan Modul Hukum-hukum Dasar Kimia Berbasis Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MIPA SMAN 2 Bukittinggi

Saragih, Arni (2018) Efektivitas Penggunaan Modul Hukum-hukum Dasar Kimia Berbasis Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MIPA SMAN 2 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_ARNI_SARAGIH_14035020_3261_2018.pdf

Download (100kB) | Preview

Abstract

Materi hukum-hukum dasar kimia merupakan materi yang memerlukan pemahaman konsep agar dapat mengaitkan konsep satu dengan konsep yang lainnya. Modul hukum-hukum dasar kimia berbasis discovery learning yang valid dan praktis telah tersedia, namun belum diuji efektivitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan efektivitas penggunaan modul hukum-hukum dasar kimia berbasis discovery learning terhadap hasil belajar siswa kelas X MIPA di SMAN 2 Bukittinggi. Penelitian ini merupakan lanjutan dari penelitain R&D. Uji efektivitas modul dilakukan melalui penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain randomized control posttest group only design. Populasi penelitian terdiri dari seluruh siswa kelas X MIPA SMAN 2 Bukittinggi. Sampel dipilih dengan teknik purposive random cluster sampling, terpilih kelas X MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar yang dianalisis dengan bantuan SPSS 16 software. Dari hasil penelitian diperoleh hasil belajar kelas eksperimen (84,11) lebih tinggi secara signifikan daripada kelas kontrol (75,44). Dari uji statistika diperoleh kelas sampel terdistribusi normal dan memiliki variansi yang homogen serta uji-t menunjukkan bahwa nilai (sign) 0,032 < 0,05. Hal ini menyatakan bahwa untuk hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan dibandingkan kelas kontrol. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan modul hukum-hukum dasar kimia berbasis discovery learning efektif terhadap hasil belajar siswa kelas X MIPA di SMAN 2 Bukittinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 22 Jan 2020 02:09
Last Modified: 22 Jan 2020 02:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24730

Actions (login required)

View Item View Item