Tingkat Pengetahuan dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Siswa di Sekolah Dasar Negeri 04 Kecamatan 2x11 Kayutanam Kabupaten Padang Pariaman

Warman, Arif Budi (2019) Tingkat Pengetahuan dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Siswa di Sekolah Dasar Negeri 04 Kecamatan 2x11 Kayutanam Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_ ARIF_BUDI_WARMAN_1303443_811_2019.pdf

Download (266kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah belum diketahuinya tingkat pengetahuan dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) siswa di Sekolah Dasar Negeri 04 Kecamatan 2x11 Kayutanam Kabupaten Padang Pariaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengetahuan dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) siswa di Sekolah Dasar Negeri 04 Kecamatan 2x11 Kayutanam Kabupaten Padang Pariaman Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I, II, III, IV, V, dan VI di Sekolah Dasar Negeri 04 Kecamatan 2x1 Kayutanam Kabupaten Padang Pariaman yang berjumlah 210. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, dengan demikian sampel dalam penelitian ini berjumlah 97 orang siswa. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan angket dengan skala Gutman. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik deskriptif berbentuk persentase. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa : Tingkat capaian pengetahuan dan prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) siswa di Sekolah dasar Negeri 04 Kecamatan 2x11 Kayutanam Kabupaten Padang Pariaman termasuk dalam klasifikasi cukup yang dibuktikan dengan nilai persentase sebesar 59.22%. Artinya tingkat pengetahuan dan prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) siswa di Sekolah Dasar Negeri 04 Kecamatan 2x11 Kayu Tanam Kabupaten Padang Pariaman sudah cukup memiliki pengetahuan tentang kesehatan serta sudah cukup menjalankan prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Kata Kunci : Pengetahuan, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Jan 2020 02:08
Last Modified: 22 Jan 2020 02:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24720

Actions (login required)

View Item View Item