Pengaruh Latihan Plyometric Terhadap Kemampuan Lompat Jauh Studi Eksperimen Pengembangan Diri Siswa SMAN 1 Batang Anai Padang Pariaman

Charis, ST. Irvan (2019) Pengaruh Latihan Plyometric Terhadap Kemampuan Lompat Jauh Studi Eksperimen Pengembangan Diri Siswa SMAN 1 Batang Anai Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_ST_IRVAN_CHARIS_15087184_5767_2019.pdf

Download (225kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK penelitian ini membahas tentang latihan plyometric dalam meningkatkan kemampuan lompat jauh siswa pengembangan diri SMAN 1 Batang Anai. Variabel dalam penelitian ini adalah latihan plyometric sebagai variabel bebas dan kemampuan lompat jauh sebagai variabel terikat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil dari melakukan latihan plyometric sebanyak 16 pertemuan terhadap kemampuan lompat jauh siswa pengembangan diri SMAN 1 Batang Anai Padang Pariaman. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu. Desain penelitian ini adalah one group preetest -posttest design. Populasi penelitiannya adalah siswa yang mengikuti kegiatan pengembangan diri atletik di SMAN 1 Batang Anai Padang pariaman yang berjumlah 16 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Census Sampling berjumlah 16 orang. Latihan diberikan 4 kali per minggu selama 16 kali pertemuan. Instrumen yang digunakan adalah lompat jauh. Analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan Hasil penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh latihan plyometric yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan lompat jauh siswa pengembangan diri SMAN 1 Batang Anai Padang Pariaman, dimana thitung= 3,64>ttabel= 1,74. Rata-rata kemampuan lompat jauh tes awal siswa adalah 3,64 dan rata-rata kemampuan lompat jauh tes akhir siswa adalah 4,15.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 21 Jan 2020 02:12
Last Modified: 21 Jan 2020 02:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24718

Actions (login required)

View Item View Item