Syafira, Dela (2019) Keefektifan Kalimat dalam Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_01_DELA_SYAFIRA_15016104_5793_2019.pdf Download (726kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini pertama, mendeskripsikan keefektifan kalimat dalam teks ditinjau dari segi tepat penalaran kategori (a) kelogisan dan (b) kesatuan ide dalam teks berita siswa kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium. Kedua, mendeskripsikan keefektifan kalimat ditinjau dari segi ketepatan kebahasaan kategori (a) ketepatan tata bahasa, (b) ketepatan kata, dan (c) ketepatan ejaan dalam teks berita siswa kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Latar penelitian ini dilakukan di SMP Pembangunan Laboraturium, tepatnya di kelas VIII F. Entri dalam penelitian ini berupa teks berita siswa kelas VIII F yang ditinjau dua indikator, yaitu ketepatan penalaran dan ketepatan kebahasaan. Kehadiran dalam penelitian ini sebagai instrumen pengumpulan data ( human instrument). Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu studi dokumentasi. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keefektifan kalimat dari segi ketepatan kebahasaan terdapat 17 5 kesalahan. Ketidakefektifan kalimat terdapat pada unsur fungsi sintaksis (28 kesalahan), unsur kalimat yang kurang (13 kesalahan), dan unsur kalimat yang mubazir (134 kesalahan) . Kedua, keefektifan kalimat dari segi ketepatan kata terdapat 19 kesalahan. Ketidakefektifan kalimat ditinjau dari ketepatan konsep terdapat (6 kesalahan) dan ketepatan konteks pemakian terdapat (13 kesalahan). Ketiga, keefektifan kalimat dari segi ketepatan ejaan terdapat 163 kesalahan. Ketidakefektifan kalimat ditinjau dari penulisan huruf kapital (72 kesalahan), penggunaan tanda titik (5 kesalahan), penggunaan tanda koma (40 kesalahan), dan penulisan kata (46 kesalahan) ditinjau dari penulisan kata yang kurang dan penulisan preposisi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kalimat dalam teks berita siswa kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium tidak efektif. Hal tersebut dibuktikan dari 278 kalimat yang diteliti, terdapat 77 kalimat efektif dan 201 kalimat tidak efektif dengan 357 kesalahan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos. |
Date Deposited: | 21 Jan 2020 02:11 |
Last Modified: | 21 Jan 2020 02:11 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24705 |
Actions (login required)
View Item |