Perbandingan Bentuk Latihan Ballhandling dengan Bentuk Latihan Variasi Dribble Terhadap Kemampuan Dribbling dalam Permainan Bola Basket pada Klub Amogapasa Kabupaten Dharmasraya

Febriani, Fitri (2019) Perbandingan Bentuk Latihan Ballhandling dengan Bentuk Latihan Variasi Dribble Terhadap Kemampuan Dribbling dalam Permainan Bola Basket pada Klub Amogapasa Kabupaten Dharmasraya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_FITRI FEBRIANI_15089061_4916_2019.pdf

Download (452kB) | Preview

Abstract

Abstrak Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan dribbling dalam permainan bola basket pada Klub Amogapasa Kabupaten Dharmasraya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar perbandingan pengaruh bentuk latihan ballhandling dengan bentuk latihan variasi dribble terhadap kemampuan dribbling dalam permainan bola basket pada Klub Amogapasa Kabupaten Dharmasraya. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang dilakukan terhadap atlet Klub Amogapasa Kabupaten Dharmasraya. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 30 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 18 orang adalah atlet putra Klub Amogapasa Kabupaten Dharmasraya. Teknik pengambilan data menggunakan purposive sampling yang berjumlah 18 orang. Instrumen tes yang digunakan dalam penelitian ini yaitu zigzag test, sedangkan teknik analisis data statistik menggunakan Uji Liliefors data dan Uji-t dengan tariff signifikan α = 0,05. Data yang telah dikumpulkan digunakan untuk menguji hipotesis penelitian dengan analisis uji-t terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan analisis uji-t diperoleh thitung bentuk latihan ballhandling sebesar 2,30, sedangkan thitung bentuk latihan variasi dribble sebesar 2,58 dan ttabel sebesar 1,89. (thitung 2,30 dan 2,58 > ttabel 1,89). Artinya ada terdapat pengaruh 2 bentuk latihan yang signifikan terhadap kemampuan dribbling dalam permainan bola basket pada Klub Amogapasa Kabupaten Dharmasraya dan terdapat perbandingan pengaruh yang signifikan antara bentuk latihan ballhandling dengan bentuk latihan variasi dribble terhadap kemampuan dribbling dalam permainan bola basket pada Klub Amogapasa Kabupaten Dharmasraya. Kata Kunci : Ballhandling, Variasi Dribble, Dribbling.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 20 Jan 2020 02:14
Last Modified: 20 Jan 2020 02:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24690

Actions (login required)

View Item View Item