Pengembangan Permainan Ular Tangga Kimia sebagai Media Pembelajaran pada Materi Ikatan Kimia Kelas X SMA/MA

Lubis, Andina Febriani (2018) Pengembangan Permainan Ular Tangga Kimia sebagai Media Pembelajaran pada Materi Ikatan Kimia Kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_ANDINA_FEBRIANI_LUBIS_14035018_3303_2018.pdf

Download (153kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan permainan Ular Tangga Kimia sebagai media pembelajaran pada materi Ikatan Kimia dan menentukan tingkat validitas dan praktikalitasnya berdasarkan fungsi media. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menerapkan model four D – models (4-D) yaitu (1) define (pendefinisian), (2) design (perancangan), (3) develop (pengembangan), (4) disseminate (penyebaran). Penelitian ini menguji tingkat validitas dan praktikalitas media yang dikembangkan. Media pembelajaran ini divalidasi oleh tiga orang dosen jurusan Kimia FMIPA UNP dan dua orang guru kimia SMAN 4 Padang. Instrumen yang digunakan adalah angket validasi dan praktikalitas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara uji coba produk dan penyebaran angket dan data dianalisis menggunakan formula Kappa Cohen. Dari analisis data diperoleh bahwa permainan ular tangga kimia sebagai media pembelajaran pada materi ikatan kimia memiliki validitas sebesar 0,86 dengan tingkat kevalidan sangat tinggi dan praktikalitas sebesar 0,94 dengan tingkat kepraktisan sangat tinggi. Data ini menunjukkan bahwa permainan Ular Tangga Kimia sebagai media pembelajaran yang dikembangkan dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada materi Ikatan Kimia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 17 Jan 2020 01:55
Last Modified: 17 Jan 2020 01:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24681

Actions (login required)

View Item View Item