Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Bermuatan Literasi Sains terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 1 Baso.

Maulidia, Eka Charisma (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Bermuatan Literasi Sains terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 1 Baso. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_EKA_CHARISMA_MAULIDIA_15031054_2501_2019.pdf

Download (422kB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian di SMA Negeri 1 Baso yaitu model pembelajaran yang kurang bervariasi, rendahnya kompetensi belajar peserta didik dari aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan dan belum menggunakan model pembelajaran yang bermuatan literasi sians. Upaya yang dapat dilakukan yaitu menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share bermuatan literasi sains di SMA Negeri 1 Baso. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share bermuatan literasi sains terhadap kompetensi belajar peserta didik di SMA Negeri 1 Baso. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian randomized control group posttest only design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Baso yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019 berjumlah tiga kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, yang terpilih kelas XI MIP A 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIP A 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah berupa soal posttest untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikap dan keterampilan. Data dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan uji-t pada kompetensi pengetahuan peserta didik nilai thitung2,l>ttabeil,67, kompetensi sikap thitung 6, 1 7>ttabel 1, 6 7 dan kompetensi keterampilan thitung2, 9>ttabel 1, 6 7. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima pada kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan. Kesimpulan penelitian bahwa model pembelajaran kooperatif tipe think pair share bermuatan literasi sains berpengaruh porsitif terhadap kompetensi belajar peserta didik di SMA Negeri 1 Baso.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 16 Jan 2020 06:39
Last Modified: 16 Jan 2020 06:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24669

Actions (login required)

View Item View Item