Analisis Struktur Batuan Berdasarkan Data Geolistrik Tahanan Jenis Konfigurasi Schlumberger dan Konfigurasi Dipole-Dipole di Kecamatan Malalak Kabupaten Agam

Sari, Winda Permata (2018) Analisis Struktur Batuan Berdasarkan Data Geolistrik Tahanan Jenis Konfigurasi Schlumberger dan Konfigurasi Dipole-Dipole di Kecamatan Malalak Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_WINDA_PERMATA_SARI_1301668_4615_2018.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

Batuan dasar yang berada di bawah permukaan bumi dapat diestimasi menggunakan metode geolistrik. Konfigurasi Schlumberger mempunyai kelebihan dalam mendeteksi adanya homogenitas lapisan batuan permukaan. konfigurasi Dipole-dipole dapat diterapkan untuk tujuan mendapatkan gambaran bawah permukaan yang dengan penetrasinya relatif lebih dalam dibandingkan metode sounding lainya. Kekurangan dan kelebihan konfigurasi Schlumberger dan Dipole-dipole saling melengkapi. Oleh karena itu telah dilakukan penelitian yang bertujuan mengetahui struktur batuan dengan menggunakan konfigurasi Schlumberger dan konfigurasi Dipole-dipole di Daerah Kecamatan Malalak Kabupaten Agam. Penelitian ini bersifat deskriptif menggunakan data Geolistrik tahanan jenis konfigurasi Dipoe-dipole dan konfigurasi Schlumberger. Pada penelitian ini diambil data 2 lintasan yang diinterpretasikan menggunakan inversi Smoothnes Least Square dengan bantuan Software Res2dinv. Hasil interpretasi data berupa nilai tahanan jenis sebenarnya dan kedalaman lapisan material daerah penelitian. Estimasi data dilakukan dengan membandingkan nilai tahanan jenis sebenarnya dengan tabel tahanan jenis dan geologi daerah penelitian, sehingga diperoleh struktur lapisan batuan. Hasil penelitian didapatkan Tahanan jenis batuan pada lintasan 1 dengan konfigurasi dipole-dipole dan schlumberger didapatkan bahwa jenis batuan yang ada disana Clay, sandstone, Limestone, Andesit dan granit dengan perbandingan nilai tahanan jenis yang berbeda namun tidak terlalu jauh. Begitupun pada lintasan 2 dengan konfigurasi dipole-dipole dan schlumberger didapatkan jenis batuan clay, sandstone, limestone, andesit dan granit. Dengan nilai tahanan jenis batuan yang berbeda tapi tidak terlalu jauh dan masih dalam range batuan yang sejenis sehingga kedua konfigurasi ini saling menguatkan untuk hasil penelitian menjadi lebih akurat dengan kelebihan dan kekurangan dari kedua konfigurasi tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 16 Jan 2020 03:58
Last Modified: 16 Jan 2020 03:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24667

Actions (login required)

View Item View Item