Identifikasi Jenis Batuan Menggunakan Metode Geolistrik Tahanan Jenis Konfigurasi Wenner di Kelurahan Balai Gadang Kecamatan Koto Tangah

Mutia, Sendi (2018) Identifikasi Jenis Batuan Menggunakan Metode Geolistrik Tahanan Jenis Konfigurasi Wenner di Kelurahan Balai Gadang Kecamatan Koto Tangah. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_SENDI_MUTIA_1301655_3200_2018.pdf

Download (387kB) | Preview

Abstract

Pemerintah Kota Padang sedang melakukan perencanaan pengenbangan daerah. Perencanaan pembangunan daerah tersebut akan dilakukan salah satunya di Kelurahan Balai Gadang. Pengembangan daerah difokuskan untuk pemukiman penduduk. Untuk itu diperlukan mengetahuan tentang jenis batuan dibawah permukaan yang dibutuhkan untuk perencanaan pembangunan. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui nilai tahanan jenis dan jenis batuan penyusun bawah permukaan di Kelurahan Balai Gadang. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian dasar bersifat deskriptif. Pengukuran dilakukan menggunakan metoda Geolistrik tahanan jenis konfigurasi Wenner. Konfigurasi Wenner memiliki resolusi vertikal yang bagus sehingga bagus digunakan untuk mengetahui jenis batuan. Data diambil 4 lintasan mengunakan ARES (Automatic Resistivitymeter). Data diinterpretasikan mengunakan inversi Smothness-Constarint Least Square dengan bantuan software Res2dinv. Nilai tahanan jenis yang didapatkan dari hasil pengolahan data dibandingkan dengan nilai tahanan jenis pada Tabel 1 dan 2 dan kondisi Geologi diestimasi jenis batuannya. Hasil penelitian menunjukkan nilai tahanan jenis batuan penyusun lapisan bawah permukaan di Kelurahan Balai Gadang Kecamatan Kototangah adalah Lintasan1 1,79 Ωm - 6020 Ωm , Lintasan2 3,03 Ωm – 14.810 Ωm, Lintasan3 1,8 Ωm – 6747 Ωm, dan Lintasan4 8,85 Ωm – 2490 Ωm. terdapat 4 jenis batuan penyusun geologi di Kelurahan Balai Gadang yaitu Sandstone, Clay, Andisite dan Tuf.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 16 Jan 2020 02:30
Last Modified: 16 Jan 2020 02:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24655

Actions (login required)

View Item View Item