Kontribusi Daya Ledak Otot Lengan dan Koordinasi Mata Tangan Terhadap Keterampilan Servis Atas Atlet Bolavoli (Studi Korelasional pada Atlet Bolavoli Klub Philipos Kabupaten Lima Puluh Kota)

Rahmi, Iftitah (2019) Kontribusi Daya Ledak Otot Lengan dan Koordinasi Mata Tangan Terhadap Keterampilan Servis Atas Atlet Bolavoli (Studi Korelasional pada Atlet Bolavoli Klub Philipos Kabupaten Lima Puluh Kota). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_IFTITAH_RAHMI_150877083_1657_2019.pdf

Download (371kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Masalah dalam penelitian adalah belum maksimalnya keterampilan servis atas yang dilakukan atlet bolavoli Klub Philipos Kabupaten Lima Puluh Kota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi daya ledak otot lengan dan koordinasi mata tangan terhadap keterampilan servis atas yang dilakukan atlet bolavoli Klub Philipos Kabupaten Lima Puluh Kota. Jenis penelitian adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 36 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Dengan demikian jumlah sampel di dalam penelitian ini adalah 16 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan pengukuran terhadap ketiga variabel. Untuk daya ledak otot lengan di tes dengan medicine ball, koordinasi mata tangan dengan lempar tangkap bola. Sedangkan keterampilan servis atas diukur dengan tes keterampilan servis atas. Data dianalisis dengan korelasi product moment dan dilanjutkan dengan korelasi ganda. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Daya ledak otot lengan memberikan kontribusi terhadap keterampilan servis atas atlet Klub Philipos Kabupaten Lima Puluh Kota, sebesar 33,05%, (2) Koordinasi mata tangan memberikan kontribusi terhadap keterampilan servis atas atlet Klub Philipos Kabupaten Lima Puluh Kota, sebesar 28,50%, (3) Daya ledak otot lengan dan koordinasi mata tangan memberikan kontribusi terhadap keterampilan servis atas atlet Klub Philipos Kabupaten Lima Puluh Kota, sebesar 26,54%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 16 Jan 2020 02:07
Last Modified: 16 Jan 2020 02:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24652

Actions (login required)

View Item View Item