Analisis Pelaksanaan Praktikum Biologi dan Hambatannya di Kelas XI MIPA SMA di Kota Bangkinang. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Biologi Universitas Negeri Padang.

Maryola., Rinda (2019) Analisis Pelaksanaan Praktikum Biologi dan Hambatannya di Kelas XI MIPA SMA di Kota Bangkinang. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Biologi Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_RINDA_MARYOLA_17177030_2581_2019.pdf

Download (515kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa temuan tentang pelaksanaan dan berbagai hambatan dalam kegiatan praktikum biologi. Sehingga berimplikasi kepada kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan praktikum biologi dan hambatannya berdasarkan kinerja guru, aktivitas peserta didik, ketersediaan alat, bahan, dan penuntun praktikum, serta hambatan yang dihadapi oleh guru dan peserta didik dalam pelaksanaan kegiatan praktikum. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMA di Kota Bangkinang. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMA di Kota Bangkinag dan guru yang mengajar di kelas sampel yang diperoleh secara Random Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar wawancara dan observasi dan lembar penilaian yang diadopsi dari Instrumen Penilain Kinerja Guru (IPKG) Tahun 2008. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah data kuaniatif berupa angka-angka yang diperoleh dari penilaian kinerja guru, aktivitas peserta didik, penilaian RPP guru, serta dari angket hambatan guru dan peserta didik. Data yang diperoleh dari hasil wawancara dan observasi diolah dengan cara mendeskripsikan dan menganalisis data tersebut sampai diperoleh kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja guru dalam pelaksanaan kegiatan praktikum memperoleh nilai dengan kriteria baik, aktivitas peserta didik dalam pelaksanaan kegiatan praktikum memperoleh nilai dengan kriteria cukup baik. Guru dan peserta didik mengalami beberapa hambatan dalam pelaksanaan kegiatan praktikum biologi yaitu waktu, ketersediaan alat dan bahan praktikum, ketersediaan penuntun praktikum, tidak adanya laboran disekolah. Jadi dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ditemukan beberapa hambatan dalam pelaksanaan kegiatan praktikum biologi kelas XI SMA di Kota Bangkinang. ii

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 16 Jan 2020 01:04
Last Modified: 16 Jan 2020 01:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24646

Actions (login required)

View Item View Item