Faktor yang Menyebabkan Penyakit Gastritis pada Pasien di Puskesmas Tanjung Beringin Kabupaten Pesisir Selatan dengan Menggunakan Analisis Faktor.

Ningsih. M, Setia (2019) Faktor yang Menyebabkan Penyakit Gastritis pada Pasien di Puskesmas Tanjung Beringin Kabupaten Pesisir Selatan dengan Menggunakan Analisis Faktor. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_SETIA_NINGSIH_M_15030011_3459_2019.pdf

Download (507kB) | Preview

Abstract

Gastritis merupakan peradangan yang mengenai mukosa lambung. Peradangan ini dapat menyebabkan pembengkakan mukosa lambung sampai terlepasnya epitel mukosa superfisial yang menjadi penyebab terpenting pada gangguan saluran pencemaan. Pelepasan epitel akan merangsang timbulnya proses inflamasi pada lambung. Faktor-faktor yang diduga dapat menyebabkan gastritis diantaranya yaitu usia, pola makan, konsumsi alkohol, konsumsi kopi, konsumsi obat-obatan, stres dan merokok. Jumlah penderita penyakit gastritis di Puskesmas Tanjung Beringin Kabupaten Pesisir Selatan setiap tahunnya mengalami peningkatan dan termasuk kedalam sepuluh kasus sepuluh penyakit terbanyak dari tahun 2016 sampai tahun 2018. Salah satu analisis statistika yang dapat digunakan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab penyakit gastritis pada pasien di Puskesmas Tanjung Beringin Kabupaten Pesisir Selatan adalah analisis faktor. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi penyebab penyakit gastritis pada pasien di Puskesmas Tanjung Beringin Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini termasuk penelitian terapan. Data yang digunakan dalam penelitian merupakan data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran kuisioner. Populasi pada penelitian ini yaitu semua pasien yang menderita penyakit gastritis di Puskesmas Tanjung Beringin Kabupaten Pesisir Selatan bulan Juli-Desember 2018 sebanyak 680 orang. Sampel diperoleh dengan menggunakan metode Accidental Sampling dimana cara pengambilan sampel dilakukan secara kebetulan penderita gastritis ditemui oleh peneliti di Puskesmas Tanjung Beringin Kabupaten Pesisir Selatan. Berdasarkan hasil penelitian terdapat dua faktor yang perlu diperhatikan untuk mengurangi dan mencegah terjadinya penyakit gastritis pada pasien di Puskesmas Tanjung Beringin Kabupaten Pesisir Selatan yaitu 1 )Kebiasaan pola makan, konsumsi kopi dan merokok 2)Usia responden, konsumsi obat-obatan dan stres. Kata Kunci: Gastritis, Pola Makan, Analisis Faktor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 16 Jan 2020 01:04
Last Modified: 16 Jan 2020 01:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24645

Actions (login required)

View Item View Item