Pengaruh Model Pembelajaran Talking Chips Bermuatan Literasi Sains Terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik pada Materi Perubahan Iklim dan Dampaknya Bagi Ekosistem di SMPN 20 Padang.

Nurhawa, Wa Ode (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Talking Chips Bermuatan Literasi Sains Terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik pada Materi Perubahan Iklim dan Dampaknya Bagi Ekosistem di SMPN 20 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_WA_ODE_NURHAWA_15031024_2788_2019.pdf

Download (499kB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian di SMPN 20 Padang yaitu model pembelajaran yang digunakan belum bervariasi, rendahnya kompetensi belajar peserta didik dari aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan serta belum diterapkanya model pembelajaran yang bermuatan literasi sains. Upaya yang dapat dilakukan yaitu menerapkan model pembelajaran talking chips bermuatan literasi sains pada materi perubahan iklim dan dampaknya bagi ekosistem di SMPN 20 Padang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran talking chips bermuatan literasi sains terhadap kompetensi belajar peserta didik pada materi perubahan iklim dan dampaknya bagi ekosistem di SMPN 20 Padang. Jenis penelitian mi adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental) dengan rancangan penelitian yaitu Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMPN 20 Padang yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah delapan kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling, yang terpilih sebagai sampel penelitian adalah kelas VII.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.7 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah berupa soal posttest untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikap dan keterampilan. Teknis analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, homogenitas dan hipotesis. Hipotesis diuji menggunakan uji-t. Hasil penelitian kompetensi pengetahuan peserta didik diperoleh nilai thitung 2,85 > 1tabeI 1,67, pada kompetensi sikap nilai thitung 2,48 > 1tabel 1,67, dan pada kompetensi keterampilan nilai thitung 1, 78 > 1tabel 1,67. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Kesimpulan penelitian bahwa penerapan model pembelajaran talking chips bermuatan literasi sains berpengaruh meningkatkan kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan peserta didik kelas VII SMPN 20 Padang. Kata kunci: Talking Chips, Literasi Sains, Kompetensi Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 16 Jan 2020 01:04
Last Modified: 16 Jan 2020 01:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24644

Actions (login required)

View Item View Item