Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Aurora 3D Presentation dilengkapi Buku Panduan pada Materi Animalia untuk Peserta Didik Kelas X di SMAN 1 Nan Sabaris.

Yenti, Anggun Sepri (2019) Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Aurora 3D Presentation dilengkapi Buku Panduan pada Materi Animalia untuk Peserta Didik Kelas X di SMAN 1 Nan Sabaris. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_ANGGUN_SEPRI_YENTI_15031090_3115_2019.pdf

Download (505kB) | Preview

Abstract

Pendidikan sangat penting bagi kehidupan manusia. Namun, pendidikan di Indonesia mengalami berbagai banyak permasalahan, salah satunya yaitu kurangnya penggunaan media pembelajaran yang dikelola oleh guru. Dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat saat ini, guru seharusnya kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan teknologi untuk merancang pembelajaran Biologi. Hasil observasi yang dilakukan di SMAN 1 Nan Sabaris, menunjukkan bahwa pembelajaran biologi masih menggunakan media konvensional yang kurang menarik minat peserta didik, dikarenakan keterbatasan kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran tersebut. Aurora 3D Presentation merupakan aplikasi tiga dimensi untuk membuat presentasi yang menarik. Untuk membuat media pembelajaran, maka dibutuhkan panduan. Oleh sebab itu, dilakukan penelitian pengembangan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran menggunakan aplikasi Aurora 3D Presentation dilengkapi buku panduan pada materi Animalia untuk siswa kelas X MIPA. Penelitian ini menggunakan model pengembangann IDI (Instructional Development Institute). Model pengembangan ini menerapkan prinsip-prinsip pendekatan sistem, yaitu pendefinisian (define), pengembangan (develop), dan penilaian (evaluate). Subjek penelitian adalah dua orang dosen biologi FMIPA UNP, satu orang guru biologi SMAN 1 Nan Sabaris dan 30 orang peserta didik kelas X MIPA SMAN 1 Nan Sabaris. Objek penelitian adalah media pembelajaran menggunakan aplikasi Aurora 3D Presentation pada materi Animalia dilengkapi buku panduan untuk peserta didik kelas X. Berdasarkan hasil penelitian dihasilkan media pembelajaran menggunakan aplikasi Aurora 3D Presentation pada materi Animalia dilengkapi buku panduan untuk peserta didik kelas X yang valid dengan rata-rata nilai validitas 90% dan sangat praktis bagi guru dengan rata-rata nilai praktikalitas 93,3% serta praktis bagi peserta didik dengan rata-rata nilai praktikalitas 83,49%. Kata kunci : Aurora 3D Presentation, Buku Panduan, !DI

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 16 Jan 2020 01:04
Last Modified: 16 Jan 2020 01:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24643

Actions (login required)

View Item View Item