Pengembangan LKPD Berbasis Problem based learning pada Materi Hidrolisis Garam untuk Kelas XI SMA/MA.

Handayani, Tiara (2019) Pengembangan LKPD Berbasis Problem based learning pada Materi Hidrolisis Garam untuk Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_TIARA_HANDAYANI_14035100_3100_2019.pdf

Download (314kB) | Preview

Abstract

Hidrolisis garam merupakan salah satu materi kimia yang dipelajari di kelas XI SMA/MA semester 2. Karakteristik dari materi ini adalah mengetahui sifat garam berdasarkan struktur asam-basa pembentuknya, perhitungan, dan praktikum serta untuk mengetahui garam yang terhidrolisis. Tujuan penelitian adalah mengembangkan LKPD berbasis problem based learning pada materi hidrolisis garam serta menentukan kategori validitas dan praktikalitas. Penelitian ini menggunakan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap, yaitu: 1. Define (pendefenisian); 2. Design (perancangan); 3. Develop (pengembangan); 4. Disseminate (penyebaran) dan dibatasi sampai tahap develop. Instrument penelitian yang digunakan adalah angket validitas dan praktikalitas yang diberikan kepada dosen kimia FMIPA UNP, guru dan peserta didik SMAN 2 Gunung Talang. Data penelitian dianalisis menggunakan formula kappa kohen. Hasil validasi LKPD oleh dosen dan guru kimia menghasilkan momen kappa sebesar 0.89 dengan kategori kevalidan sangat tinggi. Analisis kepraktisan LKPD oleh guru dan peserta didik memiliki kategori sangat tinggi dengan momen kappa masing-masing 0.98 dan 0.90. Kata kunci Hidrolisis garam, LKPD, problem based learning, model 4-D, validitas, praktikalitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 15 Jan 2020 02:59
Last Modified: 15 Jan 2020 02:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24636

Actions (login required)

View Item View Item