Pengaruh Kulit Lengkeng (Euphoria Longan Lour) yang Dimobilisasi dengan Natrium Silikat Terhadap Penyerapan Ion Logam Cu2+ dalam Larutan

Khairunnisa, Khairunnisa (2019) Pengaruh Kulit Lengkeng (Euphoria Longan Lour) yang Dimobilisasi dengan Natrium Silikat Terhadap Penyerapan Ion Logam Cu2+ dalam Larutan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_KHAIRUNNISA_15036069_2753_2019.pdf

Download (404kB) | Preview

Abstract

Pencemaran air pada logam berat merupakan masalah besar, karena memiliki dampak beracun jika melebihi ambang batas maka akan menimbulkan bahaya bagi kesehatan manusia, hewan maupun air. Logam berat yang sering ditemukan dalam limbah industri biasa nya timbal (Pb), kadmium (Cd), tembaga (Cu), nikel (Ni), kobalt (Co), besi (Fe). Biosorpsi sebagai sumber altematif untuk menghilangkan logam berat yang terkontaminasi. Biosorpsi oleh biosorben kulit lengkeng yang diimobilisasi menggunakan natrium silikat dalam bentuk bubuk kering. Imobilisasi kulit lengkeng dapat meningkatkan kinerja biosorben dan meningkatkan penyerapan. Penelitian ini, meggunakan metoda batch, yang mengkaji tentang variasi pH, konsentrasi, ukuran partikel, waktu pengadukan, kecepatan pengadukan serta dianalisa gugus fungsi dari biosorben kulit lengkeng yaitu sebelum imobilisasi, setelah imobilisasi dan kulit lengkeng imobilisasi yang telah dikontakkan dengan ion logam Cu2+. Hasil yang didapatkan dari masing­ masing variasi kondisi optimum yaitu pH 4, konsentrasi 550 mg/L, ukuran partikel 150 µm, waktu kontak 60 menit, dan kecepatan pengadukan 200 rpm dengan kapasitas penyerapan sebesar 16,53 mg/g. Interaksi antara adsorben dan adsorbat ditentukan dengan persamaan freundlich dan langmuir, pada penelitian ini didapatkan kesetimbangan langmuir dengan qmax= 19,607mg/g dan karakterisasi menggunakan FTIR (Fourier Transform InfraRed) pada kulit lengkeng sebelum imobilisasi, kulit lengkeng diimobilisasi dan kulit lengkeng setelah pengontakan larutan ion Cu2+. Kata kunci: Imobilisasi, kulit lengkeng, ion logam Cu2+.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 15 Jan 2020 02:58
Last Modified: 15 Jan 2020 02:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24634

Actions (login required)

View Item View Item