Desain Lembaran Kerja Siswa Berorientasi Metode Ilmiah untuk Pencapaian Kompetensi Siswa dalam Pembelajaran Fisika pada Materi Gerak Melingkar dan Hukum Newton di Kelas X SMA/MA

Febriani, Yosi (2018) Desain Lembaran Kerja Siswa Berorientasi Metode Ilmiah untuk Pencapaian Kompetensi Siswa dalam Pembelajaran Fisika pada Materi Gerak Melingkar dan Hukum Newton di Kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_YOSI_FEBRIANI_14033024_3828_2018.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari oleh rendahnya pencapaian kompetensi Fisika siswa. Hal yang menjadi penyebabnya yaitu masih terbatasnya penerapan metode ilmiah dalam pembelajaran Fisika. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah mengembangkan LKS berorientasi metode ilmiah. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menghasilkan LKS berorientasi metode ilmiah serta mengetahui validitas dan praktikalitas dari LKS berorientasi metode ilmiah pada materi gerak melingkar dan hukum Newton untuk meningkatkan kompetensi Fisika siswa SMA/MA kelas X. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement dan Evaluate) yang direduksi sampai develop. Objek dari penelitian ini yaitu LKS berorientasi metode ilmiah yang diujicobakan kepada siswa kelas X MIA 5 SMAN 16 Padang. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen validitas dan instrumen praktikalitas oleh guru dan siswa. Dari kegiatan penelitian yang dilakukan didapatkan hasil uji validasi LKS dengan nilai 81,05% berada pada kriteria sangat valid. Sedangkan hasil uji praktikalitas oleh guru dengan nilai rata-rata 88,33% berada pada kriteria sangat praktis, kemudian untuk praktikalitas dari 36 orang siswa terhadap LKS dengan nilai rata-rata 84,07% berada pada kriteria sangat praktis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahwa LKS berorientasi metode ilmiah layak digunakan dalam pembelajaran Fisika SMA/MA ditinjau dari validitas dan praktikalitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 14 Jan 2020 03:25
Last Modified: 14 Jan 2020 03:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24603

Actions (login required)

View Item View Item