Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Fisika Berorientasi Inkuiri Terbimbing terhadap Pencapaian Kompetensi Peserta Didik Kelas X SMAN 9 Padang

Nofitri, Widya (2018) Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Fisika Berorientasi Inkuiri Terbimbing terhadap Pencapaian Kompetensi Peserta Didik Kelas X SMAN 9 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_WIDYA_NOFITRI_14033023_3176_2018.pdf

Download (142kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Fisika yang dilakukan di sekolah belum terlaksana dengan baik, pembelajaran masih didominasi pada ceramah guru dan belum berorientasi pada aktivitas peserta didik. Akibatnya materi pembelajaran sukar dipahami dan pencapaian kompetensi peserta didik cenderung rendah. Melihat keadaan tersebut, maka alternatif solusi yang dipilih adalah dengan menerapkan bahan ajar Fisika berorientasi inkuiri terbimbing untuk meningkatkan pencapaian kompetensi peserta didik dalam pembelajaran Fisika. Berdasarkan masalah dan alternatif solusi yang dipilih maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Fisika Berorientasi Inkuiri Terbimbing Terhadap Pencapaian Kompetensi Peserta Didik Kelas X SMAN 9 Padang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen semu (Quasi Experimental Design) dengan rancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA SMAN 9 Padang tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel adalah Cluster Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes untuk kompetensi pengetahuan, format observasi untuk kompetensi sikap dan keterampilan serta dilengkapi dengan rubrik penilaian. Data yang diperoleh pada kompetensi sikap dianalisis dalam bentuk grafik sedangkan data yang diperoleh pada kompetensi pengetahuan dan keterampilan dianalisis menggunakan uji kesamaan dua rata-rata, uji regresi linier sederhana, dan analisis korelasi product moment. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol pada ketiga kompetensi yang dinilai. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat antara bahan ajar Fisika berorientasi inkuiri terbimbing terhadap pencapaian kompetensi pengetahu-an peserta didik, sedangkan hubungan antara bahan ajar Fisika berorientasi inkuiri terbimbing dengan kompetensi keterampilan peserta didik adalah sedang. Besar kontribusi penggunaan bahan ajar Fisika berorientasi inkuiri terbimbing terhadap peningkatan kompetensi pengetahuan adalah sebesar 67%, sedangkan untuk peningkatan kompetensi keterampilan sebesar 23%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 14 Jan 2020 02:29
Last Modified: 14 Jan 2020 02:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24602

Actions (login required)

View Item View Item