Pengaruh Penggunaan Buku Siswa IPA Terpadu Model Networked Dengan Tema Kelistrikan Jantung Terhadap Penguasaan Materi IPA Peserta Didik Kelas VIII MTsN 6 Model Padang

Asti, Silvia Agustin (2018) Pengaruh Penggunaan Buku Siswa IPA Terpadu Model Networked Dengan Tema Kelistrikan Jantung Terhadap Penguasaan Materi IPA Peserta Didik Kelas VIII MTsN 6 Model Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_SILVIA_AGUSTIN_ASTI_14033099_4462_2018.pdf

Download (178kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan kurikulum 2013 pembelajaran IPA di sekolah dilaksanakan secara terpadu dengan menggunakan pendekatan saintifik atau pendekatan berbasis proses keilmuan. Pembelajaran IPA terpadu menghubungkan antara materi fisika, kimia dan biologi karena ketiga materi tersebut tidak bisa dipisahkan. Kenyataannya di sekolah menunjukan pembelajaran IPA terpadu masih dilaksanakan secara terpisah dan kurangnya pemahaman peserta didik dalam keterpaduan materi IPA. Solusi dari permasalah ini adalah menerapkan Buku Siswa IPA Terpadu Model Networked dengan Tema Kelistrikan Jantung. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh buku siswa IPA terpadu model networked dengan tema kelistrikan jantung terhadap penguasaan materi IPA Peserta didik kelas VIII MTsN 6 Model Padang. Jenis Penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTsN 6 Model Padang yang terdaftar pada tahun Pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel pada penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling dan Cluster Random Sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen 36 orang. Intrumen penelitian terdiri dari lembar tes hasil belajar untuk menilai aspek pengetahuan, lembar penilaian kinerja untuk menilai aspek keterampilan siswa dan dan lembar evaluasi diri peserta didik. Data pada penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif, regresi linear sederhana, dan uji korelasi product moment pada taraf nyata 0,05 untuk kedua aspek kompetensi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh data untuk aspek pengetahuan, dan keterampilan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai ratarata post-test lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata pre-test yaitu 81,39 > 49,03. Pada kompetensi pengetahuan nilai koefisien determinasi 13,64%. Pada komptensi keterampilan diperoleh nilai koefisien determinasi 13,63%. Secara kuantitatif hipotesis kerja yang berbunyi “Terdapat pengaruh yang berarti penggunaan buku siswa IPA terpadu model networked dengan tema kelistrikan jantung terhadap penguasaan materi IPA peserta didik kelas VIII MTsN 6 Model Padang” dapat diterima pada taraf nyata 0,05. Penguasaan materi IPA peserta didik juga dapat dilihat dari hasil lembar evaluasi diri yang diisi oleh peserta didik yang menyatakan paham dengan materi yang telah dipelajari yaitu lebih dari 65%. Dengan demikian, penggunaan buku siswa IPA terpadu model networked dengan tema kelistrikan jantung berpengaruh terhadap penguasaan materi peserta didik pada aspek pengetahuan dan keterampilan. i

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 14 Jan 2020 02:26
Last Modified: 14 Jan 2020 02:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24596

Actions (login required)

View Item View Item