Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis GeoGebra untuk Kelas X SMK

Rahmiati, Selviani (2019) Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis GeoGebra untuk Kelas X SMK. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_SELVIANI_RAHMIATI_15138114_110_2019.pdf

Download (424kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan modul pembelajaran matematika berbasis GeoGebra, (2) mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan modul pembelajaran matematika berbasis GeoGebra yang telah dibuat untuk mendukung pembelajaran. Model penelitian yang digunakan adalah pengembangan 4-D (four-D). Dengan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development/ R&D). Subjek penelitian adalah siswa kelas X Teknik Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) di SMK Negeri 1 Lahat. Jenis data yaitu data primer dimana data yang diberikan oleh siswa. Instrumen pengumpul data berbentuk angket. Teknik analisis data deskriptif untuk mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan modul pembelajaran matematika berbasis GeoGebra. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis GeoGebra dilakukan empat tahapan utama yaitu pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop), penyebarluasan (Disseminate), (2) Pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis GeoGebra dinyatakn valid, praktis, dan efektif, Pengujian keefektifan dilakukan dengan membandingkan hasil Posttest kelas kontrol dengan hasil Posttest kelas ekperimen dan diperoleh hasil signifikan dari kedua kelas tersebut lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian modul pembelajaran matematika berbasis GeoGebra valid, praktis, dan efektif digunakan untuk mendukung pembelajaran pada mata pelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 14 Jan 2020 02:26
Last Modified: 14 Jan 2020 02:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24593

Actions (login required)

View Item View Item