Analisis Struktur dan Konten Kurikulum 2013 Kimia SMA pada Topik Asam Basa.

Rahmayani, Fitria (2019) Analisis Struktur dan Konten Kurikulum 2013 Kimia SMA pada Topik Asam Basa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_FITRIA_RAHMAYANI_15035025_2966_2019.pdf

Download (468kB) | Preview

Abstract

Kurikulum bersifat dinamis serta harus selaludilakukan perubahan dan pengembangan. Pengembangan-pengembangan yangterdapat dalam Kurikulum 2013 mengacu padaacuan dan prinsip penyusunan yang tercantum dalam UU No 20 tahun 2003. Sehingga, perlu dilakukan analisis struktur dan konten pada kurikulum 2013. Analisis struktur dan konten dilakukan pada topik asam basa (KD 3.10-3.13), karena asam basa merupakan dasar untuk materi selanjutnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan menggunakan desain penelitian Model of Educational Reconstruction (MER). MER terdiri dari 3 tahapan, yaitu: (1) analisis struktur konten, (2) studi empiris, (3) pengembangan evaluasi instruksi. Penelitian dibatasi sampai tahap analisis struktur konten. Teknik analisis data yang dilakukan adalah teknik analisa data Miles & Huberman (Model Interaktif). Instrumen yang digunakan berupa tabel analisis KI-3, analisis KI-4, analisis KD, analisis hubungan KI dan KD dan analisis materi. Analisis struktur dilakukan dengan berpedoman pada taksonomi Bloom revisi, taksonomi olahan Dyers dan Dave. Analisis konten keluasan akan berpedoman pada buku SMA yang disahkan Kemendikbud dan kedalaman berpedoman pada buku teks Brady. Hasil penelitian yang didapatkan, untuk analisis struktur yaitu: ( 1) Rumusan KI dengan KD sudah cocok (2) Dalam rumusan KD sudah sesuai dengan pedoman taksonomi bloom revisi (3) KD 4.10 dan 4.13 terdapat penggunaan KKO aktivitas keterampilan yang kurang tepat atau tidak sesuai dengan aktivitas keterampilan. Sedangkan, hasil untuk analisis konten yaitu: ( 1) keluasan materi yang yang terdapat dalam rumusan KD sudah sesuai dengan keluasan materi dari buku SMA yang disahkan oleh Kemendikbud (2) kedalaman materi yang ada dalam cakupan rumusan KD sudah sesuai dengan urutan kedalaman materi pada buku teks Brady. Kata Kunci: Analisis Struktur dan Konten, Topik Asam Basa, Kurikulum 2013, Desain Model of Educational Reconstruction (MER), Model Intraktif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 13 Jan 2020 06:45
Last Modified: 13 Jan 2020 06:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24587

Actions (login required)

View Item View Item