Pengaruh Penambahan Ampas Kopi ( Coffea arabica L.) PadaNutrisi Hidroponik Terhadap Pertumbuhan TanamanBayam ( Amaranthus hybridus L.)

Syarif, Rahmat (2019) Pengaruh Penambahan Ampas Kopi ( Coffea arabica L.) PadaNutrisi Hidroponik Terhadap Pertumbuhan TanamanBayam ( Amaranthus hybridus L.). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_RAHMAT_SYARIF_15032082_ 2699_2019.pdf

Download (443kB) | Preview

Abstract

Kopi arabika merupakan salah satu penghasil sumber devisa Indonesia dan memegang peranan penting dalam pengembangan industri perkebunan. Tingginya produksi kopi arabika dan penggemar kopi arabika mengakibatkan semakin banyaknya ampas kopi arabika yang dihasilkan. Ampas kopi arabika ini dapat dimanfaatkan kembali sebagai nutrisi hidroponik. Salah satu tanaman yang bisa memakai nutrisi hidroponik yaitu tanaman bayam (Amaranth us hybridus L.). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan ampas kopi ( Cojfea arabica L.) pada nutrisi hidroponik terhadap pertumbuhan tanaman bayam (Amaranthus hybridus L.). Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap Faktorial (RALF) yang terdiri dari 2 faktor dan 3 ulangan. Faktor pertama adalah dosis nutrisi hidroponik yaitu AB Mix (N) terdiri dari tiga taraf yaitu : tanpa pemberian AB Mix, 0,5 dosis AB Mix dan 1 dosis AB Mix. Faktor kedua adalah ampas kopi (A) yang terdiri dari 3 taraf yaitu : tanpa ampas kopi, ampas kopi 3 g/300 mL, ampas kopi 6 g/300 mL. Setiap perlakuan diulang sebanyak tiga kali sehingga diperoleh keseluruhan 27 satuan percobaan. Parameter yang diamati adalah tinggi tanaman bayam, jumlah daun, luas daun, berat basah dan berat kering. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan ANOV A (Analysis of variance) dan uji lanjut DNMRT (Duncan's New Multiple Range Test) pada taraf nyata 5 %. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan bahwa ampas kopi arabika, nutrisi hidroponik (AB Mix), dan interaksi penambahan ampas kopi arabika ( Coffea arabica L.) dengan nutrisi hidroponik berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman bayam (Amaranthus hybridus L. ), tetapi tidak sesuai harapan untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman bayam. Katakunci: Ampas kopi, Bayam, Hidroponik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 13 Jan 2020 03:36
Last Modified: 13 Jan 2020 03:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24572

Actions (login required)

View Item View Item