Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Matematika Kelas VII SMPN 18 Padang.

Silvia, Egi (2019) Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Matematika Kelas VII SMPN 18 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_EGI_SILVIA_15029096_3380_2019.pdf

Download (516kB) | Preview

Abstract

Peserta didik banyak melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika karena penguasaan materi peserta didik kurang baik. Untuk mengetahui kesalahan peserta didik perlunya dianalisis kesalahan tersebut. Berdasarkan data lapangan menunjukkan peserta didik banyak melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika karena penguasaan materi peserta didik kurang baik. Untuk mengetahui kesalahan peserta didik perlunya dianalisis kesalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan j enis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika. Dalam penelitian ini dibatasi pada materi segiempat dan segitiga. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, metode tes dan angket. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Subjek penelitian ini adalah peserta didik di kelas VII-5 SMPN 18 Padang tahun pelajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik banyak melakukan kesalahan meliputi: ( 1) Peserta didik banyak melakukan melakukan kesalahan konseptual pada indikator 3. Kesalahan peserta didik tiap indikator diantaranya peserta didik salah saat menentukan rumus mencari luas trapesium, rumus mencari panjang diagonal layang-layang, rumus keliling bangun ABCDEF (gabungan bangun layang-layang dengan trapesium), rumus mencari tinggi segitiga, dan rumus keliling bangun ABCDE (gabungan bangun segitiga dan persegi panjang), (2) Peserta didik banyak melakukan kesalahan prosedural pada indikator 3. Kesalahan peserta didik tiap indikator diantaranya peserta didik salah dalam menggunakan langkah-langkah dalam pengerjaan soal dengan tepat dan benar, (3) Peserta didik banyak melakukan kesalahan teknik pada indikator 1 dan 2. Kesalahan yang dilakukan peserta didik tiap indikator diantaranya peserta didik salah dalam perhitungan matematika diantaranya salah dalam perkalian, pembagian, dan dalam menyederhanakan akar. Kata Kunci : Analisis kesalahan, kesalahan konseptual, kesalahan prosedural, kesalahan teknik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 13 Jan 2020 03:35
Last Modified: 13 Jan 2020 03:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24570

Actions (login required)

View Item View Item