Pengaruh model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) bermuatan literasi sains terhadap kompetensi belajar peserta didik pada materi sistem reproduksi manusia di SMAN 1 Enam Lingkung.

Maghvira, lntan (2019) Pengaruh model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) bermuatan literasi sains terhadap kompetensi belajar peserta didik pada materi sistem reproduksi manusia di SMAN 1 Enam Lingkung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_INTAN_MAGHVIRA_15031034_2696_2019.pdf

Download (555kB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian di SMAN 1 Enam Lingkung adalah proses pembelajaran Biologi kurang bervariasi dan berpusat pada guru, peserta didik tidak mampu menyelesaikan permasalahan dalam pembelajaran, rendahnya kompetensi belajar peserta didik dari aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan, belum menggunakan model pembelajaran bermuatan literasi sains, serta rendahnya kemampuan literasi sains peserta didik. Upaya yang dapat dilakukan adalah menerapkan model pembelajaran thinking aloud pair problem solving (TAPPS) bermuatan literasi sains pada materi sistem reproduksi manusia di SMAN 1 Enam Lingkung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran thinking aloud pair problem solving bermuatan literasi sains terhadap kompetensi belajar peserta didik pada materi sistem reproduksi manusia di SMAN 1 Enam Lingkung. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian randomized control group posstest only design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas XI SMAN 1 Enam Lingkung yang terdaftar pada tahun aj aran 2018/2019 berjumlah lima kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan cluster sampling, dan yang terpilih sebagai sampel penelitian adalah kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen, dan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah berupa soal posttest untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikap dan keterampilan. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan basil penelitian kompetensi pengetahuan di peroleh nilai thitung 5,14 > t1abel 1,67, pada kompetensi sikap nilai thitung 15,12 > ttabel 1,67, dan pada kompetensi keterampilan nilai thitung 9,63 > t1abel 1,67. Hal ini menunjukkan hipotesis diterima pada kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Kesimpulan penelitian bahwa penerapan model thinking aloud pair problem solving bermuatan literasi sains berpengaruh positif terhadap kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan peserta didik pada materi sistem reproduksi manusia di SMAN 1 Enam Lingkung. Kata kunci: Thinking Aloud Pair Problem Solving, Literasi Sains, Kompetensi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 13 Jan 2020 03:35
Last Modified: 13 Jan 2020 03:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24567

Actions (login required)

View Item View Item