Pengembangan Modul Hukum-hukum Dasar Kimia Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Menerapkan Teknik Probing Prompting untuk Siswa Kelas X SMA/MA.

Sari, Yuni Purnama (2019) Pengembangan Modul Hukum-hukum Dasar Kimia Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Menerapkan Teknik Probing Prompting untuk Siswa Kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_YUNI_PURNAMA_SARI_15035131_2838_2019.pdf

Download (410kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan kurikulum 2013 dilakukan dengan melatih keterampilan proses yang dicerminkan dalam kegiatan pembelajaran yang dikenal dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul hukum-hukum dasar kimia berbasis pendekatan saintifik dengan menerapkan teknik probing prompting untuk siswa kelas X SMA/MA dan mengungkapkan tingkat validitas dan praktikalitas dari modul yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research And Development (R&D) dengan menggunakan model 4-D yang terdiri dari empat tahap, yaitu tahap Define, Design, Develop, dan Dessiminate. Tetapi tahap dessiminate tidak dilakukan kama keterbatasan waktu dan biaya. Modul hukum-hukum dasar kimia berbasis pendekatan saintifik dengan menerapkan teknik probing prompting divalidasi oleh 5 orang validator yang terdiri dari 3 orang dosen kimia FMIPA UNP dan 2 orang guru kimia SMA N 1 Basa Ampek Balai Tapan dengan menggunakan instrumen berupa lembar validitas. Uji praktikalitas dilakukan oleh 2 orang guru kimia dan 20 orang siswa kelas XI IPA 3 SMAN 1 Basa Ampek Balai Tapan dengan menggunakan instrumen berupa lembar praktikalitas. Hasil analisis lembar validitas, ptaktikalitas guru , dan praktikalitas siswa menunjukkan skor rata-rata momen kappa (k) berturut-turut adalah 0.89; 0.90; 0.91. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa modul hukum-hukum dasar kimia berbasis pendekatan saintifik dengan menerapkan teknik probing prompting untuk siswa kelas X SMA/MA sudah valid dan praktis. Kata kunci: Modul, Hukum-hukum Dasar Kimia, Pendekatan Saintifik, Probing, Prompting, Model 4-D, Validitas dan Praktikalitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 13 Jan 2020 03:35
Last Modified: 13 Jan 2020 03:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24565

Actions (login required)

View Item View Item