Perilaku Konsumtif Mahasiswa dalam Berbelanja Online dan Implikasinya dalam Layanan Bimbingan dan Konseling di Perguruan Tinggi

Mitra, Nelvi (2019) Perilaku Konsumtif Mahasiswa dalam Berbelanja Online dan Implikasinya dalam Layanan Bimbingan dan Konseling di Perguruan Tinggi. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_NELVI_MITRA_16151032_4851_2019.pdf

Download (169kB) | Preview

Abstract

Banyaknya mahasiswa berbelanja di onlineshop menjadi salah satu latar belakang masalah dalam penelitian ini. Umumnya mahasiswa melakukan belanja online bukan didasarkan pada kebutuhan, tetapi karena kesenangan dan gaya hidup sehingga menyebabkan mahasiswa menjadi boros atau lebih dikenal dengan istilah perilaku konsumtif. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana pola perilaku konsumtif mahasiswa dalam berbelanja di online shop, dan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan mahasiswa menjadi konsumtif dengan adanya online shop. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang mengkaji serta mendeskripsikan fenomena perilaku konsumtif dalam berbelanja online dengan melibatkan 5 subjek penelitian serta 8 informan penelitian dalam lingkup mahasiswa FIP UNP dengan menggunakan teknik wawancara mendalam dan observasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Subjek penelitiannya adalah Jn, Iq, Els, Sl, dan Lz. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pola perilaku konsumtif mahasiswa di FIP UNP adalah berbelanja di online shop bukan berdasarkan kebutuhan tetapi berdasarkan keinginan yang ditandai dengan menggunakan uang keperluan kuliah, sewa kos, serta keperluan pokok untuk berbelanja barang yang diinginkan di online shop. Kemudian mudah terpengaruh dengan ajakan teman, membeli barang-barang yang sedang trend dan mudah tertarik dengan barang yang sedang diskon atau promosi. Hasil penelitian juga memperlihatkan ada 8 faktor yang mempengaruhi mahasiswa dalam berbelanja di online shop yaitu pengaruh keluarga, pengaruh teman, dan gaya hidup, harga barang yang lebih murah dibandingkan dengan harga di pasar tradisional, kenyamanan yang diberikan online shop seperti hemat waktu dan tenaga, kepercayaan yang diberikan online shop dengan memberikan kualitas barang sesuai dengan deskripsi barang, ketersediaan barang yang lengkap dan bervariasi, dan promosi online shop yang menarik perhatian mahasiswa

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 10 Jan 2020 03:39
Last Modified: 10 Jan 2020 03:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24556

Actions (login required)

View Item View Item