Pengembangan Modul Sifat Keperiodikan Unsur Berbasis Guided Discoveryl earning untuk Kelas X SMA.

Murdiati, Vivin (2019) Pengembangan Modul Sifat Keperiodikan Unsur Berbasis Guided Discoveryl earning untuk Kelas X SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_SANIYYAH_SAUSAN_15035013_2959_2019.pdf

Download (409kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul sifat keperiodikan unsur berbasis guided discovery learning, dan mengungkapkan tingkat validitas dan praktikalitas modul. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Plomp yang terdiri dari 3 tahap, yaitu penelitian awal (preliminary research), pembentukan prototipe (prototyping stage) dan tahap penilaian (assessment phase). Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket validitas dan praktikalitas. Modul ini di validasi oleh 5 orang validator serta diuji cobakan kepada 2 orang guru dan 28 orang siswa SMAN 3 Padang Panjang. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan formula Kappa Cohen. Berdasarkan analisis angket validitas dan praktikalitas diperoleh tingkat kevalidan modul dengan momen kappa 0,89 (kategori sangat tinggi) dan kepraktisan modul berdasarkan angket respon guru dan siswa berturut-turut dengan nilai 0,90 (kategori sangat tinggi) dan 0,84 (kategori sangat tinggi). Berdasarkan data yang diperoleh menunjukkan bahwa modul sifat keperiodikan unsur berbasis guided discovery learning untuk kelas X SMA yang dihasilkan sudah valid dan praktis. Kata kunci: Sifat keperiodikan unsur, Guided discovery learning, Model Plomp, Modul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 10 Jan 2020 03:39
Last Modified: 10 Jan 2020 03:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24555

Actions (login required)

View Item View Item