Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA SMP Berbasis Model Group Investigation dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains

Putra, Metrisno (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA SMP Berbasis Model Group Investigation dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_METRISNO_PUTRA_1304190_4833_2019.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Perangkat pembelajaran yang baik dapat mengembangkan kemampuan berfikir dan motivasi peserta didik dalam memahami fakta, konsep, prinsip, dan prosedur. Salah satu perangkat pembelajaran yang mendukung tujuan tersebut adalah model group investigation dengan pendekatan keterampilan proses sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran IPA SMP berbasis model pembelajaran group investigation dengan pendekatan keterampilan proses sains pada materi kalor dan perpindahannya dengan kriteria valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari tahap pendefenisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Uji coba produk dilakukan di kelas VII.1 SMPN 7 Sijunjung dan penyebaran perangkat dilakukan di kelas VII.4 SMPN 7. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar validasi dan lembar observasi. Jenis data yang diambil aktifitas dan hasil belajar siswa. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian tahap pendefenisian diperoleh kebutuhan pengembangan perangkat pembelajaran. Hasil pada tahap perancangan diperoleh prototype perangkat pembelajaran yang terdiri dari silabus, RPP, handout, lemba kerja siswa, dan lembar penilaian untuk materi kalor dan perpindahannya yang dirancang sesuai dengan langkah-langkah model pembelajaran group investigation dengan pendekatan keterampilan proses sains. Tahap pengembangan diperoleh nilai validitas sebesar 91%, nilai praktikalitas sebesar 83,3% dan nilai efektifitas sebesar 86,4%. Pada tahap penyebaran diperoleh nilai praktikalitas sebesar 85,4% dan nilai efektifitas perangkat pembelajaran sebesar 85% ketika disebarkan di kelas lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 10 Jan 2020 03:38
Last Modified: 10 Jan 2020 03:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24548

Actions (login required)

View Item View Item