Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kelainan Refraksi pada Siswa SD 04 Padang Ganting Kabupaten Tanah Datar Tahon 2019 dengan Menggunakan Analisis Regresi Probit.

Gusti, Nadia Kemala (2019) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kelainan Refraksi pada Siswa SD 04 Padang Ganting Kabupaten Tanah Datar Tahon 2019 dengan Menggunakan Analisis Regresi Probit. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_NADIA_KEMALA_GUSTI_16037032_2374_2019.pdf

Download (458kB) | Preview

Abstract

Kelainan refraksi merupakan salah satu gangguan pada mata yang tak luput dari anak-anak yang perlu pelayanan serius. Jika dibiarkan akan merusak mata hingga membutuhkan alat bantu penglihatan yaitu kacamata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model regresi probit dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kelainan refraksi serta besamya peluang dari faktor-faktor yang mempengaruhi kelainan refraksi tersebut pada siswa SD 04 Padang Ganting Kabupaten Kabupaten Tanah Datar tahun 2019. J enis penelitian ini adalah penelitian terapan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD 04 yang mengalami kelainan refraksi dengan alat bantu penglihatan kacamata di Kecamatan Padang Ganting Kabupaten Tanah Datar tahun 2019 sebanyak 52 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Data penelitian tergolong dalam data primer yang diperoleh menggunakan kuesioner dan diolah menggunakan analisis regresi probit. Berdasarkan basil penelitian, diperoleh model regresi probit terbaik yang menggambarkan faktor-faktor yang mempengaruhi kelainan refraksi pada siswa SD 04 Padang Gan ting Kabupaten Tanah Datar tahun 2019 adalah: Y/ = <t>-1(Pi) = 0,855 - 1,764 X4 + 1,108 X5 - 1,471 X, dari model tersebut, dapat diketahui bahwa faktor yang berpengaruh secara signifikan dengan kelainan refraksi pada siswa SD 04 Padang Ganting adalah waktu bermain handphone (X4), aktivitas bermain (X5), dan pencahayaan membaca (X8). Peluang terbesar yang mempengaruhi kelainan refraksi adalah siswa yang menghabiskan waktu bermain handphone lebih dari 2 jam(> 2 jam) dengan aktivitas bermain sering di dalam ruangan serta pencahayaan membaca dengan pencahayaan yang cukup dengan peluang sebesar 99,13%. Kata Kunci :Kelainan Refraksi, Anak-anak, Analisis Regresi Probit

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika - D3
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 09 Jan 2020 03:38
Last Modified: 09 Jan 2020 03:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24545

Actions (login required)

View Item View Item