Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Kewargenegaraan Berbasis Aplikasi Kahoot Menggunakan Komputer Bagi Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Batam

Basriadi, Ali (2019) Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Kewargenegaraan Berbasis Aplikasi Kahoot Menggunakan Komputer Bagi Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Batam. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_ALI_BASRIADI_16138006_2290_2019.pdf

Download (718kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk evaluasi pembelajaran guna menilai kemampuan siswa sejauh mana daya serap proses pembelajaran yang telah diajarkan. Berdasarkan dari hasil angket bahwa guru belum memanfaatkan teknologi sebagai pengembangan alat evaluasi pembelajaran dalam pengambilan nilai Ulangan Harian dan nilai lainnya pada siswa. Pengambilan nilai siswa oleh guru masih menggunakan metode konvensional berupa paper test (kertas). Sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk mengetahui siswa yang belum tuntas. Semakin berkembang teknologi dalam dunia pendidikan, peneliti mengembangkan alat evaluasi pembelajaran dengan menggunakan aplikasi KAHOOT dengan memanfaat potensi yang ada di sekolah dengan ketersediaan komputer dan jaringan Wi-Fi. Penelitian mengembangkan alat evaluasi menggunakan aplikasi KAHOOT dan seperti apa respon siswa terhadap alat evaluasi yang dikembangkan. Metode penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model four-D (4-D). Model yang dikembangkan oleh Trianto, dkk yaitu Define, Design, Develop dan Disseminate. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes dan angket. Sedangkan teknis analisis data yang digunakan berupa lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, lembaran validasi guru PKn, lembar validasi ahli bahasa, dan Kuis penilaian peserta didik dan analisis butir soal pretest dan posttest. Hasil validasi dari ahli materi mendapatkan persentase akhir sebesar 86% dengan kriteria sangat layak. Hasil validasi dari ahli media mendapatkan persentase akhir sebesar 81% dengan kategori sangat valid. Hasil dari guru PKN sebesar 88,6% dengan kriteria valid, Hasil validasi dari ahli bahasa mendapatkan persentase akhir sebesar 81% dengan kategori sangat valid. Validitas dari hasil uji coba pengembangan berjumlah 5 siswa sebesar 89,25%. Validasi dari hasil uji coba lapangan yang kedua diperolah sebesar 83.4%. Hasil validasi evaluasi pembelajaran diperoleh hasil pretest rata-rata 62.76 kategori cukup tinggi dan posttest rata-rata 73.43 kategori cukup tinggi. Sebanyak 25 soal divalidasi kategori sangat tinggi 12%, tinggi 40%, cukup tinggi 24%, rendah 20%, sangat rendah 4%, reliabilitas diperoleh rata-rata 18,89, simpanan baku 2.21, korelasi XY = 0.65 dan Reliabilitas tes = 0.79 cukup tinggi. Uji normalitas data kategori Normal, Uji homogenitas data tidak homogen, dan uji-t tes terdapat perbedaan masing-masing dua variabel pretest dan posttest dengan sig 0,000 > 0,05%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 09 Jan 2020 03:38
Last Modified: 09 Jan 2020 03:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24543

Actions (login required)

View Item View Item