Model Pembelajaran Firing Line terhadap Kompetisi Belajar Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 33 Padang

Novelyani, Vivin (2019) Model Pembelajaran Firing Line terhadap Kompetisi Belajar Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 33 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_SHERLY_FITRIA_SYALMA_15032053_2860_2019.pdf

Download (388kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari dari permasalahan yang ada di SMPN 33 Padang yaitu model pembelajaran yang kurang bervariasi, kompetensi belajar peserta didik masih rendah. Upaya yang dapat dilakukan yaitu menerapkan model pembelajaranfiring line pada materi hama dan penyakit pada tumbuhan di SMPN 33 Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran firing line terhadap kompetensi belajar peserta didik kelas VIII SMPN 3 3 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMPN 33 Padang yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2018/2019 berjumlah enam kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, yang terpilih sebagai sampel penelitian adalah kelas VIII. I sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah berupa soal posttest untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikap dan keterampilan. Hipotesis pada penelitian ini diuji menggunakan uji-t. Hasil analisis data dengan menggunakan uji-t dapat disimpulkan pada kompetensi pengetahuan peserta didik diperoleh nilai thitung 3,02> t1abel 1,67, pada kompetensi sikap nilai thitung 5,38> t1abeI 1,67, dan pada kompetensi keterampilan nilai thitung 4,39> t1abei 1,67. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran firing line dapat meningkatkan kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan peserta didik kelas VIII SMPN 33 Padang. Kata Kunci: Firing Line, Kompetensi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 09 Jan 2020 03:38
Last Modified: 09 Jan 2020 03:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24536

Actions (login required)

View Item View Item