Pengembangan Bahan Ajar Fisika Bermuatan Literasi Saintifik pada Materi Dinamika Rotasi dan Elastisitas untuk Kelas XI SMA/MA.

Agustin, Silvia (2019) Pengembangan Bahan Ajar Fisika Bermuatan Literasi Saintifik pada Materi Dinamika Rotasi dan Elastisitas untuk Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_SILVIA AGUSTIN_15033127_3541_2019.pdf

Download (525kB) | Preview

Abstract

Tuntutan Abad ke-21 mengbaruskan siswa untuk dapat memiliki kompetensi berpikir kritis, berkomunikasi, mengkaitkan isu-isu global dan memiliki literasi saintifik. Upaya pemerintab untuk memenubi tuntutan tersebut adalab dengan penyempurnaan kurikulum dan mengadakan program Gerakan Literasi Sekolab. Namun kenyataannyamasib terdapat masalah terkait literasi yang diterapkan hanya berupa literasi fungsional, buku cetak yang ada disekolab belum mengakomodasi kebutuban siswa, rendabnya kemampuan siswa dalam mengerjakan soal, dan rendahnya kemampuan siswa dalam memabami materi.Salab satu solusi dari permasalaban ini adalab mengembangkan baban ajar fisika bermuatan literasi saintifik.Tujuan penelitian ini adalah menentukan validitas dan kepraktisan baban ajar fisika bermuatan literasi saintifik. Jenis Penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D).Objek pada penelitian adalab baban ajar fisika bermuatan literasi saintifik pada materi dinamika rotasi dan elastisitas.Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi tenaga abli yang terdiri dari komponen kelayakan isi, kebabasaan, penyajian, dan kegrafisan.Lembar praktikalitas guru dan siswa yang terdiri dari komponen kemudahan penggunaan, daya tarik dan efisiensi. Berdasarkan basil dari penelitian dapat dikemukakan dua basil penelitian. Pertama, baban ajar fisika bermuatan literasi saintifik pada materi dinamika rotasi dan elastisitas adalah sangat valid dengan nilai rata-rata validitas sebesar 90,51. Kedua, baban ajar fisika bermuatan literasi saintifik pada materi dinamika rotasi dan elastisitas adalah sangat praktis dengan nilai rata-rata praktikalitas guru sebesar 95 dan nilai rata-rata praktikalitas siswa sebesar 82,83. Jadi, dapat disimpulkan babwa baban ajar fisika bermuatan literasi saintifik pada materi dinamika rotasi dan elastisitas untuk siswa SMA kelas XI adalab sangat valid dan sangat praktis. Kata Kunci : Dinamika Rotasi, Hukum Hooke, Gerakan Literasi Sekolab

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 09 Jan 2020 03:35
Last Modified: 09 Jan 2020 03:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24526

Actions (login required)

View Item View Item