Pengaruh Penerapan Model Discovery LearningBerbantuan Mind Map Terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik di SMPN 28 Padang.

Febritama, Siska (2019) Pengaruh Penerapan Model Discovery LearningBerbantuan Mind Map Terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik di SMPN 28 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_SISKA_FEBRITAMA_15031121_2787_2019.pdf

Download (515kB) | Preview

Abstract

Hasil pencapaian kompetensi belajar IPA di SMPN 28 Padang tergolong rendah karena pada proses pembelajaran masih berpusat pada guru, dan guru masih mengunakan metode ceramah. Peserta didik cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Pembelajaran IPA hams dilaksanakan dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi sehingga dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan agar dapat mendorong keaktifan peserta didik untuk meningkatkan kompetensi belajarnya. Salah satu cara yang digunakan untuk memotivasi dan mengaktifkan peserta didik dalam suasana yang menyenangkan adalah menerapkan model discovery learning berbantuan mind map. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh penerapan model discovery learningberbantuan mind map terhadap kompetensi belajar peserta didik di SMPN 28 Padang. J enis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen semu dengan rancangan Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMPN 28 Padang yang terdaftar pada Tahun Aj aran 2018/2019. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknikPurposive Sampling, terambil kelas VIh sebagai kelas eksperimen dan kelas VII1 sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini meliputi hasil belajar dari tiga ranah yaitu kognitif, afektif dan psikomotor. Instrumen penelitianberupa tes hasil belajar, format observasi ranah afektif dan lembaran penilaian psikomotor. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan nilai kompetensi pengetahuan peserta didik kelas eksperimen 68 > kelas kontrol 55 (thitung4,66 > ttabeil,66), pada kompetensi sikap kelas eksperimen 80 > kelas kontrol 73 (thitung2,76 > ttabeil,66), dan pada kompetensi keterampilan kelas eksperimen 7 5 > kelas kontrol 65 (thitung3,62>ttabe1l,66), sehingga hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwadengan menerapkan model discovery learning berbantuan mind mapberpengaruh positif terhadap kompetensi belajar peserta didik di SMPN 28 Padang. Kata Kunci : Model Discovery Learning, Mind Map, Kompetensi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 09 Jan 2020 03:35
Last Modified: 09 Jan 2020 03:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24523

Actions (login required)

View Item View Item