Pengaruh Penambahan Crosslinker Terhadap Karakteristik Komposit Selulosa Bakterial-Ekstrak Lidah Buaya (aloe vera l.) Untuk Aplikasi Biomedis.

Cimpia, Nanda (2019) Pengaruh Penambahan Crosslinker Terhadap Karakteristik Komposit Selulosa Bakterial-Ekstrak Lidah Buaya (aloe vera l.) Untuk Aplikasi Biomedis. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_NANDA_CIMPIA_15036026_2605_2019.pdf

Download (372kB) | Preview

Abstract

Selulosa bakterial dapat diterapkan di berbagai bidang seperti bidang biomedis, membran pemisahan, pembuluh darah buatan, dan substrat untuk rekayasa j aringan tulang rawan. Selulosa bakterial masih memiliki sifat mekanik yang rendah, sehingga dibentuk komposit selulosa bakteri dengan ekstrak lidah buaya (SB-ELB) untuk mendapatkan bahan barn yang lebih baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh cross/inker (tepung terigu, tepung tapioka, dan tepung beras ketan) pada sifat mekanik, fisik, dan struktural dari KSB-ELB. Selulosa bakterial dihasilkan dari campuran air kelapa, gula dan urea. Kemudian difermentasi dengan acetobacter xylinum selama 14 hari. Selulosa bakterial dikompositkan dengan ekstrak lidah buaya dan disebut komposit selulosa bakterial- ekstrak lidah buaya (KSB-ELB). KSB-ELB akan dikarakterisasi dengan menguji kekuatan tarik, kandungan air, analisis struktural dengan FTIR, dan derat kristalinitas menggunakan XRD. Penambahan Cross/inker dapat mengurangi persentase kandungan air KSB-ELB. Hasil uji kuat tarik terbaik adalah BC-AvE yang menambahkan larutan tepung tapioka dengan nilai 68, 13 MPa. Hasil spektrum FTIR menunjukan bahwa gugus fungsi yang terdapat pada selulosa hanya mengalami pergeseran. sedangkan hasil analisis derajat kristalinitas menunjukan bahwa persentase derajat kristalinitas KSB-ELB yang ditambah larutan tepung tapioka yaitu sebesar 87 ,26% Keywords - Selulosa Bakterial, Cross/inker, Komposit, Lidah Buaya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 08 Jan 2020 07:07
Last Modified: 08 Jan 2020 07:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24516

Actions (login required)

View Item View Item