Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik tentang Materi Sistem Ekskresi di SMPN 2 Padang Panjang.

Rahmadani, Wulan (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik tentang Materi Sistem Ekskresi di SMPN 2 Padang Panjang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_WULAN_RAHMADANI_15031048_2774_2019.pdf

Download (433kB) | Preview

Abstract

Rendahnya kompetensi belajar peserta didik disebabkan oleh beberapa permasalahan yang ditemukan saat proses pembelajaran, diantaranya karena pembelajaran bersifat teacher centered. Pembelajaran dengan cara tersebut menyebabkan kompetensi belajar peserta didik rendah. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kompetensi belajar peserta didik adalah menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap kompetensi belajar peserta didik di SMPN 2 Padang Panjang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian control group posttest only design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 2 Padang Panjang tahun pelajaran 2018/2019. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, yang terpilih sebagai sampel penelitian adalah kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah berupa soal posttest untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikap dan keterampilan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, data uji homogenitas dan data uji hipotesis dengan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian kompetensi pengetahuan peserta didik diperoleh nilai thitung 3,67 > ttabell,67, pada kompetensi sikap nilai thitung 2,77 > ttabell,67, dan pada kompetensi keterampilan nilai thitung 2,91 > ttabell,67. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh positif terhadap kompetensi belajar peserta didik di SMPN 2 Padang Panjang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 08 Jan 2020 07:07
Last Modified: 08 Jan 2020 07:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24512

Actions (login required)

View Item View Item