Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Pariaman.

Laili, Sri (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_ SRI_LAILI_14029099_3184_2019.pdf

Download (423kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematika merupakan dasar dalam tujuan pembelajaran sehingga nantinya peserta didik akan dapat memahami tujuan pembelajaran matematika yang lainnya. Namun, diperoleh fakta bahwa pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Pariaman masih rendah. Hal ini disebabkan selama proses pembelajaran peserta didik kurang berpartisipasi aktif dan menganggap pembelajaran matematika sebagai pelajaran yang sulit. Salah satu upaya untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika peserta didik adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan pemahaman konsep matematika peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dengan peserta didik yang pembelajarannya secara langsung. Jenis penelitian adalah quasi-eksperiment dan deskriptif dengan rancangan penelitian Randomized Control-Group Only Design.Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMPN 3 Pariaman tahun pelajaran 2018/2019.Sampel penelitian adalah kelas VIII. I sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.5 sebagai kelas kontrol. Instrumen pada penelitian ini yaitu tes pemahaman konsep matematika. Data tes pemahaman konsep matematika dianalisis menggunakan uji-t Berdasarkan analisis hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematika diperoleh P-value = 0,012 kurang dari a = 0,05, artinya pemahaman konsep matematika peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran tipe Two Stay Two Stray lebih baik daripada pemahaman konsep matematika peserta didik yang belajar dengan menggunakan pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 08 Jan 2020 07:07
Last Modified: 08 Jan 2020 07:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24511

Actions (login required)

View Item View Item