Analisis Bidang Patahan Wilayah Mentawai Berdasarkan Data Relokasi Gempabumi Menggunakan Metode Modified JointHypocenter Determination (MJHD)

Guci, Ike Maisuri (2019) Analisis Bidang Patahan Wilayah Mentawai Berdasarkan Data Relokasi Gempabumi Menggunakan Metode Modified JointHypocenter Determination (MJHD). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_IKE_MAISURI_GUCI_15034008_3281_2019.pdf

Download (529kB) | Preview

Abstract

Pulau Sumatera merupakan daerah rawan bencana gempabumi, khususnya wilayah Mentawai.Hal ini dikarenakan kondisi tektonik Mentawai berada pada pertemuan Lempeng Eurasia dengan Lempeng Indo-Australia.Lempeng Indo-Australia yang terns menerus mensubduksi Lempeng Eurasia mengakibatkan terbentuknya zona penunjaman dangkal atau yang disebut "megathrust".Efek penunjaman ini menyebabkan Mentawai memiliki aktivitas seismik yang sangat tinggi dan berpotensi terjadinya gempabumi tektonik.Salah satu parameter gempa yang perlu diketahui adalah hiposenter. Penentuan hiposenter secara tepat dan akurat dapat dilakukan dengan relokasi gempabumi menggunakan metode modified joint hypocenter determination. Tujuan penelitian ini untuk menentukan kembali hiposenter gempa dan mengidentifikasi bidang patahan yang terjadi akibat peristiwa gempa wilayah Mentawai. Data yang digunakan untuk melakukan relokasi hiposenter diperoleh dari BMKG Pusat pada sistem analisa Seiscomp3periode 1 September 2017 sampai 31 Desember 2018. Metode yang digunakan adalah metode relokasi modified joint hypocenter determination (MJHD). Metode ini dipilih karena mampu menentukan posisi hiposenter lebih akurat dengan adanya konstrain terhadap focal depth dan konstrain terhadap episenter.Sehingga kesalahan dalam menentukan posisi hiposenter dapat diminimalisir. Hasil penentuan bidang patahan setelah dilakukan distribusi relokasi hiposenter gempabumi berada pada nodal plane 2 dengan cross section B-B' dengan arah pergerakan strike 141 ° yang ditinjau dari arah utara. Pergerakan arah sesar dip berada pada derajat kemiringan 66°ditinjau dari bidang sesar yang arahnya tegak lurus dengan garis strike. Arah pergerakan sesar pada bagian slipsejauh 92°dengan pergeseran yang relatif pada pergerakan sesar. Hasil plotting sebaran hiposenter gempa menunjukan sebagian event gempa berada di sepanjang patahan Mentawai di daerah penelitian.Hasil RMS sebelum relokasi memiliki waktu tempuh 1.20 detik sampai 1.59 detik.Setelah direlokasi berubah menjadi waktu tempuh 0.4 detik sampai 0.64 detik. Kata Kunci: Mentawai, Gempabumi, Metode Modified Joint Hypocenter Determination (MJHD)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > GT Technology (general)
T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 08 Jan 2020 07:07
Last Modified: 08 Jan 2020 07:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24510

Actions (login required)

View Item View Item