Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGn) Bermuatan Literasi Sains terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik di SMAN 10 Padang.

Wahyuni, WindaTri (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGn) Bermuatan Literasi Sains terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik di SMAN 10 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_WINDA-TRI-WAHYUNI_15031061_2698_2019.pdf

Download (480kB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian di SMANlO Padang yaitu model pembelajaran yang kurang bervariasi, rendahnya kompetensi belajar peserta didik dari aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan serta belum diterapkanya model pembelajaran yang bermuatan literasi sains. Upaya yang dapat dilakukan yaitu menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) bermuatan literasi sains di SMANl O Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) bermuatan literasi sains terhadap kompetensi belajar peserta didik di SMAN 10 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian randomized control group posttest only design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMANl O Padang yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2018/2019 berjumlah delapan kelas. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling, yang terpilih sebagai sampel penelitian adalah kelas X.8 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.5 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah berupa soal posttest untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikap dan keterampilan. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui kompetensi pengetahuan peserta didik kelas eksperimen (77 ,21) lebih tinggi dari kompetensi pengetahuan kelas kontrol (71,25) dengan nilai thitung 2, 15 > ttabel 1,67. Kompetensi sikap peserta didik kelas eksperimen (83,77) lebih tinggi dari kompetensi pengetahuan kelas kontrol (81,81) dengan nilai thitung 5,26 > ttabel 1,67. Kompetensi keterampilan peserta didik kelas eksperimen (82,23) lebih tinggi dari kompetensi pengetahuan kelas kontrol (74,70) dengan nilai thitung 1,95 > ttabel 1,67. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran TGT bermuatan literasi sains berpengaruh positif terhadap kompetensi belajar peserta didik di SMAN 10 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 08 Jan 2020 02:30
Last Modified: 08 Jan 2020 02:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24490

Actions (login required)

View Item View Item