Pemanfaatan Pupuk Cair Berbahan Dasar Urin Sapi (Bos taurus)Sebagai Nutrisi Hidroponik Pada Tanaman Selada (Lactuca sativa L.).

Ramadani, Ramadani (2019) Pemanfaatan Pupuk Cair Berbahan Dasar Urin Sapi (Bos taurus)Sebagai Nutrisi Hidroponik Pada Tanaman Selada (Lactuca sativa L.). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_ RAMADANI_15032026_3134_2019.pdf

Download (465kB) | Preview

Abstract

Tanaman selada (Lactuca sativa L.) adalah tanaman sayuran yang mempunyai nilai ekonomis tinggi. Pengembangan budidaya selada mempunyai prospek yang bagus, karena dapat meningkatkan pendapatan petani dan sumber gizi masyarakat. Namun kendala dalam bertanam selada yaitu penyakit dan kesuburan tanah. Saat ini ada cara untuk mengatasi penyakit dan kesuburan tanah adalah dengan cara bercocok tanam secara hidroponik. Salah satu altematif yang dapat dilakukan sebagai nutrisi hidroponik adalah dengan menggunakan urin sapi (Bos taurus). Urin sapi dapat digunakan sebagai pengatur tumbuh diantaranya adalah IAA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pupuk cair berbahan dasar urin sapi (Bos taurus) sebagai nutrisi hidroponik pada tanaman selada (Lactuca sativa L.). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dilaksanakan mulai Maret sampai April 2019 di Laboratorium Penelitian dan rumah kawat Jurusan Biologi FMIP A UNP. Rancangan dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) terdiri dari 5 perlakuan 4 kali ulangan. Perlakuannya adalah A= pembanding (AB mix 10 mL/L air), B= pemberian pupuk organik cair urin sapi 6 mL/L air, C= pemberian pupuk organik cair urin sapi 8 mL/L air, D= pemberian pupuk organik cair urin sapi 10 mL/L air, E= pemberian pupuk organik cair urin sapi 12 mL/L air. Parameter pengamatan utama meliputi Tinggi Tanaman ( cm), Jumlah Daun (helai), Luas Daun ( cm2), Berat Basah Tanaman (g) dan Berat Kering Tanaman (g). Data yang diperoleh dianalisis menggunakan ANOV A (Analysis of variance) dan uji lanjut BNT (Beda Nyata Terkecil) pada taraf 5 %. Hasil penelitian menunjukkan berbagai konsentrasi larutan nutrisi hidroponik pupuk organik cair berbahan dasar urin sapi memberikan pengaruh tidak berbeda nyata dan tidak dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman selada (Lactuca sativa L.). Kata kunci: Hidroponik, Pupuk organik cair, Selada, U rin sapi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 08 Jan 2020 02:30
Last Modified: 08 Jan 2020 02:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24486

Actions (login required)

View Item View Item