Pengembangan Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Guided Discovery Learning untuk Kelas XI SMA.

Oktaria, Weccy (2019) Pengembangan Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Guided Discovery Learning untuk Kelas XI SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_WECCY_OKTARIA_15035124_2949_2019.pdf

Download (472kB) | Preview

Abstract

Materi kesetimbangan kimia merupakan materi kelas XI yang mempunyai kaitan dengan materi yang akan dipelajari selanjutnya. Pada materi ini banyak terdapat konsep yang bersifat abstrak dan juga terdapat miskonsepsi pada konsep kesetimbangan dinamis dan pergeseran kesetimbangan sehingga menyebabkan pemahaman peserta didik rendah. Selain itu, kesulitan belajar yang dihadapi peserta didik juga disebabkan karena belum tersedianya bahan ajar berupa modul. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul kesetimbangan kimia berbasis guided discovery learning untuk kelas XI SMA serta menentukan tingkat validitas dan praktikalitas. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Plomp. Model ini terdiri dari tiga tahap yaitu preliminary research,prototyping stage, dan assessment phase. Uji validitas modul dilakukan oleh dua orang dosen kimia FMIPA UNP dan 3 orang guru kimia SMAN 3 Sungai Penuh menggunakan angket validitas. Uji praktikalitas dilakukan oleh tiga orang guru kimia dan 3 5 peserta didik SMAN 3 Sungai Penuh menggunakan angket praktikalitas. Angket validitas dan praktikalitas dianalisis dengan rumus Kappa Cohen (k). Hasil analisis validitas dengan rata-rata skor momen kappa adalah 0,80 dengan kategori tinggi. Hasil analisis praktikalitas diperoleh dari tiga tahap yaitu tahap uji one to one evaluation, small group, danfield test (respon guru dan siswa). Analisis data pada uji small group diperoleh nilai momen kappa yaitu 0,82 dengan kategori sangat tinggi. Padafield test menunjukkan rata-rata momen kappa terhadap respon guru dan peserta didik masing-masing yaitu 0,88 dan 0,87 dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa modul kesetimbangan kimia berbasis guided discovery learning untuk kelas XI SMA telah valid dan praktis. Kata Kunci : Modul, kesetimbangan kimia, guided discovery learning, R&D, model plomp

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 08 Jan 2020 02:30
Last Modified: 08 Jan 2020 02:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24484

Actions (login required)

View Item View Item